Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)

10 Tumbuhan Karnivora (Pemakan Daging) Terganas Di Dunia

Posted on

 Tumbuhan Karnivora Atau Pemakan Daging  Terganas Di Dunia

Hai sahabat…. Kali ini kita akan membahas tentang Tanaman Karnivora atau pemakan daging. Mungkin kalian merasa aneh, biasanya yang masuk ke dalam karnivora adalah hewan. Tapi, jangan heran kenyataannya adapula tumbuhan/ tanaman yang bersifat karnivora,  untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan dibawah ini:

Tanaman Karnivora adalah tanaman yang memakan daging seperti serangga atau hewan lainnya.
Berikut adalah Tanaman Karnivora:

1. Portuguese Sundew (Drosophyllaceae lusitanicum)

Portuguese Sundew (Drosophyllaceae lusitanicum)

Portuguese Sundew (Drosophyllaceae lusitanicum) merupakan tanaman karnivora yang berasal dari Portugal, Spanyol, dan Maroko. Tanaman ini tumbuh di tempat kering, tanaman ini memiliki aroma yang khas yang digunakan sebagai umpan untuk menangkap serangga atau mangsanya. Kemudian serangga itu akan terjebak dalam lendir yang di keluarkan kelenjar pada daun.

2. California Pitcher Plant (Darlingtonia)

California Pitcher Plant (Darlingtonia)

California Pitcher Plant (Darlingtonia) atau Lily cobra adalah tanaman karnivora yang merupakan anggota tunggal dari genus darlingtonia, tanaman ini adalah tanaman asli Northern California dan Oregon. Daun dari Lily Cobra bulat dan membentuk rongga kosong dengan buka anyang terletak di bawah balon, Tidak seperti tanaman pitcher besar lainnya, Lilly Cobra tidak menggunakan perangkap jebak, melainkan perangkap lobster pot. Begitu mangsa berada di dalam tubuh tumbuhan ini maka ada ribuan bulu-bulu halus yang tumbuh lebat sehingga mangsa tersebut tidak bisa berbalik atau bergerak keluar untuk melarikan diri.

3. North American Pitcher Plant (Sarracenia)

North American Pitcher Plant (Sarracenia)

North American Pitcher Plant (Sarracenia) atau tanaman Pitcher adalah Tanaman karnivora yang banyak hidup di pesisir timur Texas, Kanada dengan sebagian besar spesies yang hanya ditemukan di negara bagian tenggara. Tanaman ini memiliki daun yang telah berevolusi menjadi bentuk seperti corong dengan tudung yang berfungsi untuk mencegah air hujan masuk dan menipiskan cairan pencernaan.tanaman ini menangkap mangsa menggunakan warna, bau dan sekresi nektar yang dimilikinya bentuk mulut pada tumbuhan ini mirip seperti bibir teko. Permukaan licin pada daerah tersebut menyebabkan serangga jatuh ke dalam dan serangga tersebut akan mati dan dicerna oleh enzin protease dan enzim lainnya yang dimiliki Sarracenia.

4. Western Australian Pitcher Plant (Cephalotus)

Western Australian Pitcher Plant (Cephalotus)

Western Australian Pitcher Plant (Cephalotus) adalah tanaman karnivora yang banyak hidup di australia bagian barat .tanaman ini memiliki bentuk seperti kendi berukuran kecil dan pendek dengan mulut daun yang lebar. tanaman ini biasa hidup berkumpul.

5. Nepenthes

Nepenthes

Nepenthes atau Tumbuhan cangkir monyet adalah tanaman karnivora yang memiliki sekitar 130 spesies yang tersebar luas,tanaman ini dapat ditemukan di Cina, Malaysia, Indonesia, Filipina, Madagaskar, Seychelles, Australia,dan India. tanaman ini memiliki perangkap yang berisi cairan yang dihasilkan oleh tanaman tersebut, cairan itu encer dan manis digunakan untuk menenggelamkan dan mencerna serangga. Bagian bawah dari cawan itu mengandung kelenjar yang menyerap dan mendistribusikan nutrisi. Kebanyakan tanaman ini kecil dan cenderung menjadi perangkap serangga saja, tetapi beberapa spesies yang lebih besar, seperti Nepenthes Rafflesiana dan Nepenthes Rajah telah menangkap mamalia kecil seperti tikus.

6. Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)

Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)

Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula) adalah tanaman karnivora paling terkenal makanan utama tumbuhan ini adalah serangga dan arakhnida. Tanaman ini memiliki 4-7 daun pendek yang tumbuh dari batang bawah tanah. Permukaan bagian dalam dari lobus tanaman ini mengandung pigmen merah dan ujung-ujungnya mengeluarkan lendir. Lobus pada tanaman ini bergerak menutup dengan cepat ketika rambut sensorik khusus terangsang. Tanaman ini dapat membedakan antara stimulus hidup dan stimulus yang tidak hidup. Lobus tanaman ini mampu menutup dalam waktu sekitar 0,1/detik. Lobus tersebut dibatasi oleh tonjolan seperti duri kaku atau silia yang menutup bersama untuk mencegah mangsa besar melarikan diri. Setelah mangsa tidak dapat melarikan diri maka tepi lobus mencengkeram , menyegel perangkap dan melumat mangsa tersebut.

7. Waterwheel Plant (Aldrovanda vesiculosa)

Waterwheel Plant (Aldrovanda vesiculosa)

Waterwheel Plant (Aldrovanda vesiculosa) atau tanaman kincir air adalah tanaman karnivora yang menarik karena tumbuh tanpa akar. Tanaman ini biasanya memakan vertebrata kecil dengan menggunakan mekanisme yang disebut perangkap snap. Tanaman ini terdiri dari batang mengambang bebas dan panjangnya mencapai 6 – 11cm. Daun sebagai perangkap berukuran 2-3mm tumbuhdan terdiri dari 5-9 daun.

8. Bladderworts (Utricularia)

Bladderworts (Utricularia)

Bladderworts (Utricularia) adalah tanaman karnivora yang memiliki sekitar 220 spesies. Tumbuhan ini tumbuh di air tawar dan tanah basah di setiap benua kecuali Antartika. tanaman ini adalah satu-satunya tanaman karnivora yang menggunakan perangkap kandung kemih. Sebagian besar dari tumbuhan jenis ini memiliki perangkap yang sangat kecil tetapi mereka dapat menangkap mangsa dalam sekejap, makanan tanaman ini seperti protozoa.

9. Pinguicula

Pinguicula

Pinguicula atau butterworts adalah jenis tanaman karnivora yang menggunakan zat lengket pada kelenjar daun untuk memikat, menjebak dan mencerna serangga. Tanaman karnivora ini memiliki sekitar 80 spesies yang dapat ditemukan di seluruh Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Asia.

10. Sundews (Drosera)

Sundews (Drosera)

Sundews (Drosera) adalah tanaman karnivora terbesar yang memiliki sedikitnya 194 spesies. Tanaman in dapat ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Sundews dapat berbentuk mawar bersujud atau tegak bagi beberapa spesies. Tinggi tumbuhan ini berkisar 1 cm sampai 1m dan dapat hidup sampai 50 tahun. Sundews memiliki kelenjar tentakel bergerak dengan cairan lengket manis. Ketika serangga melewati tanaman ini maka tanaman ini akan menggerakkan tentakel ke arah serangga tersebut. Setelah terperangkap, maka kelenjar sesil kecil pada sundews akan mencerna serangga dan menyerap nutrisi yang dihasilkan dan kemudian dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan.

Demikian artikel pembahasan tentang”10 Tumbuhan Karnivora (Pemakan Daging) Terganas Di Dunia“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa