6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jambu Air Citra Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jambu Air Citra Agar Cepat Berbuah Lebat – Jambu air adalah jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan,  tumbuhan ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Buah jambu seperti buah buni, bentuknya seperti gasing dengan bagian pangkal kecil dan bagian ujung melebar serta biasanya bagian ujung dengan pangkal di pisahkan oleh lekukan. Buah jambu air biasanya berwarna merah, merah hati, putih atau hijau dan berwarna putih pada bagian dalam, mengandung banyak air, serta rasanya ada yang manis, masam dan ada yang sedikit sepat.

Jenis-jenis jambu air yang sering ditemui dipasaran antara lain: jambu air cengkih, jambu air madu, jambu air king citra, jambu air kampret, jambu air king rose, jambu air lilin, jambu air maduran, jambu air irung petruk, dan jambu air kancing.

Karena rasanya yang segar, banyak orang yang menyukai jambu air ini untuk dikonsumsi baik sebagai buah meja ataupun dibuat olahan makanan seperti rujak atau manisan. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya jambu air citra.

Ciri-ciri jambu air citra yaitu memiliki bentuk batang bulat dengan permukaan batang halus dan berwarna cokelat serta bercabang; memiliki daun dengan bentuk tombak memanjang, berwarna merah keunguan saat muda dan hijau tua saat tua; Memiliki tipe bunga spatula dengan mahkota berwarna kuning; buah jambu air citra berbentuk lonceng tak berlekuk dengan 1-10 buah/tandan.

Cara Budidaya Jambu Air Citra

Syarat Tumbuh Jambu Air Citra

Jambu air citra dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang subur, gembur dan memiliki banyak kandungan bahan organik. Tanaman jambu air citra ini cocok di tanam pada daerah dengan curah hujan atau kering yaitu sekitar 500-3.000 mm/tahun dan memiliki musim kemarau lebih dari 4 bula. Selain itu, tanaman jambu citra juga dapat di tanam di daerah tropis mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1000 mdpl.

Persiapan Bibit Jambu Air Citra

Perbanyakan bibit jambu citra dapat dilakukan melalui cara gereratif dengan biji dan vegetatif dengan cara cangkok dan sambung pucuk. Namun disarankan menggunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif karena bibit yang dihasilkan aan memiliki sifat yag sama dengan tanaman induknya dan membutuhkan waktu berbuah yang lebih singkat yaitu sekitar 2-3 tahun; sedangkan bibit dari perbanyakan generatif membutuhkan waktu 7-10
tahun untuk berbuah.

Persiapan Lahan Tanam Jambu Air Citra

Lahan yang akan digunakan untuk membudidayakan jambu citra dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya, selanjutnya gemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak.

Kemudian, buatlah lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm sedalam 40 cm dengan jarak tanam sekitar 4 x 3 m atau 4 x 4 m. Jika sudah, selanjutnya masukkan pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 10-15 kg/lubang tanam. Setelah itu, diamkan selama 1-2 minggu.

Cara Menanam Jambu Air Citra

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit jambu citra yang telah berumur 5-6 bulan ke dalam lubang tanam kemudian timbun kembali lubang tanam dengan tanah lapisan atas lalu padatkan dan ratakan.

Cara Pemupukan Jambu Air Citra

Untuk menambah ketersediaan unsur hara pada tanah, lakukan pemupukan. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik maupun pupuk kimia.

Pada saat pohon jambu berumur 1 tahun, berikan pupuk NPK sebanyak 250-500 gram/tanaman. Pada asaat berumur 2 tahun, berikan pupuk NPK sebanyak 1 kg/tanaman dan 1,5 kg/tanaman setelah berumur 3 tahun. Pemberian pupuk dilakukan dengan menggunakan sistem rorak atau selokan yang melingkari tanaman jambu sedalam 10-15 cm. tebarkan pupuk pada rorak tersebut lalu tutup kembali dengan tanah.

Masa Panen Jambu Air Citra

Pemanenan jambu air citra dapat dilakukan setelah tanaman berumur 2,5 hingga 3 tahun. Tanaman jambu ini dapat berbunga sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu pada juli dan september serta pemasakan buah pada bulan agustus dan november.

Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jambu Air Citra Agar Cepat Berbuah Lebat” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa