Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Sukun Merah Tanpa Biji Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Sukun Merah Tanpa Biji Agar Cepat Berbuah – Jambu sukun merah adalah jambu berdaging merah tanpa biji, tanaman jambu sukun merah ini hidup layaknya jambu biji biasa, daun, batang dan kulit buahnya sama yang membedakan hanya jambu ini tidak memiliki biji didalamnya, jika ada paling hanya 2-3 biji saja. Selain itu, rasa jambu sukun ini lebih manis dan lebih segar dibandingkan dengan jambu biji pada umumnya.

Klasifikasi Ilmiah Jambu Sukun Merah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Eudikotils
(tidak termasuk): Rosids
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Upfamili: Myrtoideae
Bangsa: Myrteae
Genus: Psidium
Spesies: Psidium guajava

Jambu sukun merah memiliki bentuk buah mirip dengan buah apel berwarna hijau dan akan berubah menjadi warna hijau kekuningan saat sudah masak. Ukuran buah jambu sukun merah cukup besar dengan rata-rata berat dapat mencapai 200-400 gram per buah dengan diameter sekitar 5 cm. Daging buah jambu ini berwarna pink kemerah-merahan dan hampir tidak berbiji, daging jambu sukun merah ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur renyah dan beraroma wangi.

Syarat Tumbuh Jambu Sukun Merah

Tanaman jambu sukun merah akan tumbuh optimal baik pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1000 mdpl, memiliki suhu optimal sekitar 25-28 derajat celcius, serta mendapatkan penyinaran penuh sepanjang hari.

Cara Menanam Jambu Sukun Merah

Media tanam jambu sukun merah ini ada bisa menggunakan media tabulampot (tanam buah dalam pot), sehingga bagi kalian yang tidak memiliki lahan yang cukup luas, cara tabulampot ini sangat efektif digunakan. Selain di dalam pot, kalian tentunya bisa menanam jambu sukun merah ini di tanah atau pekarangan langsung.

Jika ditanam dalam pot, maka gunakan pot berdiameter sekitar 60 cm. Lalu, isi pot dengan media tanam berupa campuran tanah dan humus dengan perbandingan 2:1.

Jambu sukun merah ini pun sangat cocok untuk ditanam di daerah Indonesia manapun. Lahan tanam yang baik untuk menanam jambu sukun merah ini lebih baik memiliki tanah yang gembur, namun untuk ditanam di tanah berat seperti tanah liat pun juga bisa.

Perawatan tanaman ini tentu tidak terlalu sulit, kalian hanya perlu melakukan perawatan dengan memberikan pupuk organik, ZPT dan penyiraman secara rutin dan sesuai ukuran. Jika kalian menghendaki menanam bibit jambu sukun merah tanpa biji ini di pekarangan ataupun di dalam pot, sebaiknya tidak didekatkan dengan jambu biji umumnya, agar tidak mengganggu pertumbuhan jambu sukun merah tanpa biji ini.

Jambu sukun merah ini tidak memiliki waktu lama untuk berbuah, hanya dalam waktu 7 bulan setelah pembibitan, untuk mendapatkan panen yang maksimal, jambu sukun merah ini hanya membutuhkan waktu 2 tahun saja.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Sukun Merah Tanpa Biji Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa