Banggai Cardinal Fish – Ikan Endemik Banggai Yang Terancam Punah

Posted on

Banggai Cardinal Fish Ikan Endemik Banggai, Indonesia Yang Terancam Punah

Hai sahabat….. Kali ini kita akan membahas tentang Banggai Cardinalfish (Pterapogon kauderni). Untuk penjelasan yang lebih detail mari  simak pembahasan dibawah ini.

Banggai Cardinalfish (Pterapogon kauderni) adalah spesies ikan yang masuk dalam familia Apogonidae dan satu-satunya anggota dari genus Pterapogon. Ikan ini sangat populer untuk ikan hias di aquarium. Ikan Pterapogon kauderni adalah salah satu ikan laut yang jumlahnya relatif sedikit dan banyak di kembang biakan di penangkaran namun jumlah yang signifikan di laut masih sering ditangkap sehingga jenis ikan ini masuk dalam spesies terancam punah.
Spesies ini dapat tumbuh panjang hingga 8 cm . Hal ini yang mudah untuk membedakan ikan jenis ini dengan semua cardinalfish lain yaitu terdapat sirip punggung yang seperti berkuncir , anal dan sirip punggung memanjang , sirip ekor sangat cagak, dan pola warna yang terdiri dari tiga garis hitam di bagian kepala dan tubuh dan tepi anterior menonjol dengan warna hitam pada dubur dan sirip punggung. Ikan Jantan dan betina dapat dibedakan dengan rongga mulut mereka yang hanya terlihat ketika mereka merenung.
banggai cardinalfish

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Apogonidae
Genus: Pterapogon
Spesies: P. kauderni

1. Penyebaran
Spesies ini hanya terdapat atau terbatas di Kepulauan Banggai, Indonesia. Spesies ini memiliki jangkauan geografis yang sangat terbatasya itu hanya sekitar 5.500 km²) dan total ukuran populasi kecil diperkirakan sebanyak 2,4 juta ekor . Ikan ini memiliki populasi terisolasi terpusat sekitar perairan dangkal 17 pulau besar dan 10 pulau kecil di Kepulauan Banggai. Sebuah populasi kecil terdapat di Sulawesi Tengah, dalam pelabuhan Luwuk dan populasi tambahan tetap di Selat Lembeh ,Sulawesi Utara.
2. Ekologi
Banggai Cardinalfish adalah satu satunya anggota famili Apogonidae yang bersifat diurnal. Ikan ini biasanya hidup di perairan dangkal pada kedalaman 1,5 hingga 2,5 meter. Ikan ini banyak tinggal di terumbu karang,padang lamun serta daerah pasir terbuka dan puing-puing. Jenis ikan ini menyukai air yang tenang.
3. Siklus hidup
Banggai cardinalfish berkembang biak secara seksual monomorfik. Pasangan membentuk sampai dua minggu sebelum pemijahan. Ukuran betina menentukan fekunditas dan ukuran telur,sedangkan ukuran jantan menentukan hasil reproduksi, atau jumlah telur yang dihasilkan pasangan. Oleh karena itu, perkawinan ikan ini cenderung terjadi di antara individu dengan ukuran yang sama,dan setelah pemijahan jantan dapat merawat semua telur yang dihasilkan betina.
4. Pemilihan Pasangan
Cardinal fish betina dan jantan saling selektif dalam memiliki pasangan.
5. Reproduksi
Ketika jantan menerima betina,maka betina akan mengeluarkan telur dari papilla urogenitial. Betina Banggai cardinal fish menghasilkan kopling relatif kecil kurang dari 90 telur yang memiliki diameter 2-3 milimeter .
Sekitar tiga perempat dari massa telur yang menonjol dari betina diambil alih oleh jantan. Proses pemindahan ini sangat cepat tidak lebih dari dua detik.

Demikian artikel pembahasan tentang” Banggai Cardinal Fish – Ikan Endemik Banggai Yang Terancam Punah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa