Kenari Fife Fancy

Burung Kenari- Penjelasan, Klasifikasi Beserta Jenis-Jenisnya

Posted on

Burung Kenari- Penjelasan, Klasifikasi Beserta Jenis-Jenisnya

Hai sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang burung kicau yaitu burung kenari, perhatikan penjelasan dibawah ini.

Burung Kenari atau Serinus canarai adalah jenis burung kicau yang pertama kali ditemukan di kepulauan canary sebuah daratan di bagian timur laut afrika oleh Jean De Berthan Cout seorang pelaut perancis. Burung kenari memiliki bulu yang indah seperti warna kuning, hijau, putih, merah dan lainnya serta memiliki suara yang merdu.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Fringillidae
Genus: Serinus
Spesies: S. canaria
Nama binomial
Serinus canaria
(Linnaeus, 1758)

Jenis-Jenis Kenari, Sebagai berikut:

1. Kenari Norwich

Kenari Norwich adalah spesies kenari yang memiliki ciri bulu yang agak tebal dan tubuh agak bulat, dadanya agak lebar serta punggungnya pendek dan memiliki sayap yang pendek.burung kenari jenis ini paling banyak ditemui adalah warna kuning atau hijau.

Kenari Norwich

2. Kenari Border

Kenari Border adalah jenis burung kenari yang yang berasal dari Cumberland facy dan daerah perbatasan atau border. Kenari kicau ini memiliki bentuk tubuh bulat.

Kenari Border
3. Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire adalah jenis kenari hasil persilangan antara kenari belgia dan kenari lanchasire. Kenari ini memiliki kaki yang panjang dan tegap saat berdiri. Bila di ikut sertakan dalam kontes burung kenari ini biasanya di nilai dari segi keindahannya.

Kenari Yorkshire
4. Kenari Gloster

Kenari Gloster adalah jenis kenari yang memiliki ciri-ciri bulunya yang berwarna kuning dan sayap berwarna agak kehijau-hijauan serta ekor berwarna putih.  Panjang tubuh/bentuk tubuhnya tidak lebih dari 11 cm. Ada dua jenis kenari gloster yaitu kenari gloster corone atau yang memiliki jambul dan kenari gloster consort atau yang tidak memiliki jambul.

Kenari Gloster
5. Kenari Roller

Kenari Roller adalah jenis kenari keturunan dari kenari jerman. Ciri-ciri kenari ini jika di ikutkan dalam kontes maka dia akan diletakan dalam sangkar kayu yang tertutup oleh kain dan apabila kain di buka maka kenari tersebut harus bernyanyi. Kualitas suara kenari ini sangat di pengaruhi oleh jenis pakan yang diberikan.

Kenari Roller
6. Kenari Belgian

Kenari Belgian adalah jenis kenari yang paling sulit untuk di ternak.  Jenis kenari ini jika diikutkan dalam kontes penilaian akan diambil dari bentuk dan kedudukan kenari tersebut. Kenari ini memiliki ciri kepala kecil seperti ular.

Kenari Belgian
7. Kenari Frill

Kenari Frill adalah jenis kenari yang memiliki beberapa bulu yang unik . Ada bulu yang terletak ditengah tengah punggung secara simetris atau biasa disebut mantle, bulu yang terdapat pada bagian dada dan berbentuk seperti kerutan menutup disebut jabot sedangkan bulu yang disekitar paha dan sayap disebut fin.

Kenari Frill
8. Kenari Chest

Kenari Chest adalah kenari yang ditemukan pada awal tahun 1950-an dan termasuk dalam jenis kenari tertua,nam lain dari kenari ini sebelum bernama chesh adalah turncrown dan king of the fancy(raja fantasi). Ada 2 jenis kenari chest yaitu kenari berjambul dan tidak berjambul. Biasanya kenari yang berjambul maka akan di ikutkan dalam kontes burung dengan jambulnya yang akan dinilai.

Kenari Chest
9. Kenari Cinnamon

Kenari Cinnamon adalah jenis kenari yang hampir sama dengan jenis kenari norwich dan memiliki bentuk tubuh serba bulat , dada bidang, serta sayap, ekor, paruh dan punggung yang pendek. Panjang tubuhnya berkisar antara 15-16 cm.

Kenari Cinnamon
10. Kenari Lancashire

Kenari Lancashire adalah jenis kenari yang memiliki ukuran tubuh paling besar diantara jenis kenari lainnya. Ada 2 variant dari kenari ini yaitu kenari coppy atau yang memiliki jambul dan lancheshire plain atau yang berkepala polos.  Kenari ini sudah jarang ditemukan spesies aslinya.

Kenari Lancashire

11. Kenari London Fancy

Kenari London Fancy adalah jenis kenari yang memiliki keunikan yaitu bagian kepala hingga ekor membentuk setengah lingkaran serta ukuran kepala agak kecil dan bulat, memiliki leher ramping dan panjang, sayap agak panjang dan memiliki kaki yang panjang.

Kenari Scotch Fancy
12. Kenari Fife Fancy

Kenari Fife Fancy adalah jenis kenari yang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari pada jenis london fancy dan bulu pada bagian sayap dan ekor berwarna putih dan panjangnya tidak lebih dari 11 cm. Jenis kenari ini mudah di ternakan.

Kenari Fife Fancy
13. Kenari Red Intensive

Kenari Red Intensive adalah jenis kenari yang hampir semua bagian tubuhnya berwarna merah, kenari ini berasal dari kawasan samudra atlantik dengan panjang tubuh sekitar 14 cm.

Kenari Red Intensive

Demikian penjelasan kami tentang”Burung Kenari- Penjelasan, Klasifikasi Beserta Jenis-Jenisnya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa