Membedakan Lovebird

10 Cara Akurat Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dengan Mudah

Posted on

10 Cara Akurat Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dengan Mudah – Burung Cinta atau Lovebird adalah burung beo kecil yang berasal dari genus Agapornis. Burung ini berukuran kecil dengan ukuran berkisar 13-17 cm dengan 40-60 g beratnya serta memiliki ekor yang pendek dan paruh yang besar. Burung ini memiliki 9 spesies dengan 8 spesies diantaranya berasal dari Afrika dan 1 spesies berasal dari Madagaskar. Burung ini bersifat monogami dengan sifat berpasangan dan akan duduk berdekatan dan saling menyayangi. Burung ini mampu hidup hingga umur 10-15 tahun.

Burung ini banak diternak oleh para pecinta burung kicau. Namun mereka yang menernakan burung lovebird ini banyak yang mengaku kesulitan untuk membedakan antara lovebird jantan dan lovebird betina karena jika dilihat tidak ada perbedaan antara lovebird jantan dan betina. Memang lovebird memiliki 3 kelompok tingkat kesulitan membedakan jenis kelamin lovebird ini yaitu :

  • Kelompok dimorfik atau kelompok lovebird mudah dibedakan kelaminnya. Lovebird yang masuk kedalam kelompok ini yaitu Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), Lovebird Madagaskar (Agapornis cana) dan Lovebird Muka Merah (Agapornis pullaria).
  • Kelompok intermediet atau kelompok yang cukup sulit dibedakan kelaminnya. Lovebird yang masuk dalam kelompok ini yaitu Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana).
  • Kelompok Lovebird kaca mata atau Lovebird yang jenis kelaminnya tidak konsisten sehingga sangat sulit dibedakan. Lovebird yang masuk dalam kelompok ini yaitu Lovebird Nyasa (Agapornis lilianae), Lovebird Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis), Lovebird Topeng (Agapornis personata), dan Lovebird Fischer (Agapornis ficheri).

Nah berikut adalah Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina, berikut adalah selengkapnya:

1. Bentuk Fisik
Lovebird jantan memiliki tubuh cenderung lebih kecil dari betina. Kepala Lovebird jantan memiliki bentuk yang rata atau cepak sedangkan lovebird betina memiliki kepala yang cenderung cekung atau melengkung.

2. Bentuk Paruh
Bentuk Paruh lovebird jantan lebih runcing dan kecil, sedangkan lovebird betina memiliki bentuk paruh yang cenderung tumpul, besar dan melebar.

3. Bentuk Sayap
Saat dalam keadaan diam, biasanya ujung sayap jantan akan menyilang sedangkan ujung sayap betina tidak menyilang atau tidak saling bertemu.

4. Cara Bertengger
Saat bertengger, kaki lovebird agak rapat sedangkan saat bertengger kaki lovebird betina agak melebar.

5. Bentuk Ekor
Lovebird jantan memiliki bentuk ekor yang meruncing sedang lovebird betina memiliki bentuk ekor yang lebih rata.

6. Tulang Pubis atau Supit Urang
Jika diraba, jarak antara tulang pubis pada lovebird jantan akan terasa menyempit, Sedangkan tulang pubis pada lovebird betina lebih elastis dan jaraknya lebih lebar.

7. Tingkah Laku Saat Birahi
Lovebird jantan yang birahi akan berdiri didekat betina dengan manggut-manggut dan mengeluarkan suara dengan satu ketukan suara (tek tek tek atau cit cit cit). Kadang-kadang jantan melompati betina, bolak-balik menanggil pasangan, menggesek-gesek tangkringan, meloloh betina, dan menaiki tubuh betina.

Sedangkan, lovebird betina yang birahi akan merunduk dan membuka sayapnya lebar-lebar. Selai itu, ia akan menggigit benda-benda yang ada disekitarnya.

8. Cara Membangun Sarang
Saat membangun sarang biasanya yang paling aktif adalah lovebird betina. Betina akan mengambil dan mengumpulkan kulit kayu untuk membuat sarang sedangkan jantan hanya memberi kulit kayu pada betina.

9. Menggunakan Cincin Emas atau Jarum
Untuk mengetahui perbedaan antara lovebird jantan dan betina menggunakan cincin emes atau jarum sangatlah mudah. Caranya Cincin atau jarum tersebut diikat dengan tali sepanjang 15-20 cm. Selanjutnya, pegang lovebird dengan tangan kiri (usahakan genggaman jauh dari bagian kepala lovebird).

Setelah itu tempatkan cincin emas atau jaru, di atas kepala lovebird dengan jarak sekitar 3 cm – 5 cm. Perhatikan gerakan gincin atau jarum yang digantung tadi, jika cincin atau jarum bergerak maju mundur searah berarti Lovebird tersebut jantan. Jika cincin atau jarum memutar berarti lovebird tersebut betina.

10. Tes DNA
Mengetahui jenis kelamin lovebird dapat dilakukan dengan tes DNA yang diambil dari bulu atau darah lovebird. Diklaim cara ini memiliki keakuratan sekitar 99%. Namun biaya yang diperlukan untuk ini cukup mahal.

Demikian pembahasan kita tentang”10 Cara Akurat Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dengan Mudah “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa