Cara Beternak Burung Cucak Ijo Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Beternak Burung Cucak Ijo Dengan Mudah Bagi Pemula

Cucak Ijo Atau Cucak Hijau adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung. Burung ini memiliki bulu berwarna hijau di sebagian besar tubuhnya, burung ini juga memiliki suara yang merdu, selain itu butrung ii memiliki mental yang bagus sehingga banyak di perlombakan.

Karena peminat burung kicau khususnya burung cucak ijo ini cukup banyak, membudidayakan burung ini dapat menjadi prospek usaha yang cukup menjanjikan karena harga burung ini cukup mahal, namun memelihara burung ini cukup sulit. Namun jika anda ingin mencoba menangkarkannya, berikut adalah Cara Lengkap Beternak Cucak Ijo:

a. Memilih Indukan
Sebelum beternak burung pastilah anda harus memilih indukan yang berkualitas sehingga nantinya anakan yang dihasilkan juga berkualitas. untuk memilih indukan yang berkualitas berikut adalah tipsnya:

  • Untuk indukan betina harus berumur sekitar 1 tahun dan untuk jantan berumur sekitar 2 tahun.
  • Pilihlah indukan yang sehat dan berstamina, tidak cacat
  • Memiliki badan yang besar
  • Usahakan pilih indukan jantan yang rajin bersuara atau gacor

b. Penjodohan Calon Indukan
Melakukan penjodohan memang cukup sulit apalagi bagi pemula. Berikut adalah cara menjodohkan calon indukan:
Jantan dan betina calon indukan diletakkan dalam sangkar yang berbeda, kemudian kedua sangkar didekatkan.Tunggu hingga calon indukan bereaks. Jika cocok maka indukan jantan akan berkicau kemudian betina meresponnya, Jika tidak cocok maka salah satu calon indukan akan menjauh dan tidak akan merespon kicauan.

c. Kandang Ternak
Untuk melakukan budidaya cucak ijo, buatlah kandang yang memiliki ukuran agak luas agar cucak ijo lebih leluasa. Buatlah kandang untuk pemeliharaan dengan ukuran sekitar 0,5 m x 0,5 m x 1 m dan untuk kandang pengembangbiakan dengan ukuran sekitar 1 m x 1 m x 1 m.
Setelah kandang jadi, maka isi kandang dengan perlengkapan kandang seperti tempat atau wadah minum, wadah makanan, tempat untuk bertengger seperti batang atau ranting pohon, Serta serabut kelapa untuk sarang.

d. Pemberian Pakan
Pemberian pakan yang berkualitas akan membuat cucak ijo menjadi sehat dan membuat cucak ijo menjadi lebih gacor. Pakan yang diberikan untuk cucak ijo biasanya antara lain: voer, cacing, sayuran, buah, serangga dan lainnya. Yang terpenting adalah kebutuhan nutrisi cucak ijo seperti mineral, protein, karbohidrat dan lainnya terpenuhi.Selain itu berikan pula suplemen dan juga multivitamin.

e. Perawatan Pada Saat Pengeraman Telur
Saat pengeraman sebaiknya letakkan cucak hijau pada tempat yang nyaman dan tenang serta tidak di lewati oleh manusia, kendaraan atau hewan. Biasanya masa pengeraman ini berlangsung paling lama sekitar 2 minggu. Setelah sekitar 2 hari menetas sebaiknya beri pakan kroto agar indukan meloloh atau memberi pakan kepada anakan.

f. Pemberian Pakan Anakan
Bila anakan cucak hijau telah berumur sekitar 5-10 hari, maka pisahkan anakan dan indukan, anakan diambil untuk diloloh atau diberi makan sendiri oleh pemilik. Namun setelah Berumur lebih dari 15 hari maka berikan anakan pakan berupa jangkrik agar anakan lebih sehat dan cepat besar.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Beternak Burung Cucak Ijo Dengan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa