Cara Budidaya Artemia Dengan Botol Plastik Sebagai Pakan Alami Burayak Ikan

Posted on

Cara Mudah Budidaya Artemia Dengan Botol Plastik Sebagai Pakan Alami Burayak Ikan РArtemia merupakan organisme yang bisa digunakan sebagai pakan alami ikan. Sebenarnya artemia ini sudah cukup lama digunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan, khususnya ikan bandeng dan ikan kakap. Untuk memenuhi kebutuhan artemia untuk pakan ikan bisa dilakukan dengan perbanyak melakukan budidaya artemia. Bagi anda yang ingin membuat artemia sendiri, berikut cara selengkapnya:

Cara Budidaya Artemia Untuk Pakan Burayak Ikan

Persiapan Alat Dan Bahan Budidaya

Alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk budidaya artemia antara lain, botol bekas air mineral, pompa udara, selang oksigen, telur artemia yang dapat diperoleh dengan membeli di toko kebutuhan ternak, sendok, garam dan wadah penyimpanan hasil panen.

Persiapan Tempat Budidaya

Tempat untuk budidaya artemia dapat menggunakan botol bekas air mineral plastik yang berukuran 1 liter. Botol plastik tersebut, dipotong bagian bawah lalu masukkan tali dengan cara melubangi agian bawah tersebut. Tali berfungsi sebagai penggantung. Selain itu, lubangi juga bagian tutup botol untuk saluran udara.

Pengondisian Tempat Budidaya

Wadah yang digunakan untuk budidaya artemia, dikondisikan seperti habitat asli artemia. Karena artemia berhabitat di laut, maka dalam wadah budidaya perlu ditambahkan garam sekitar 1 sdm.

Setelah garam dimasukkan ke botol, selanjutnya masukkan telur artemia/bibit artemia atau yang disebut dengan Sera Artemia Mix atau Supreme Plus. Jika garam dan telur artemia sudah dimasukkan selanjutnya tambahkan air. Air yang dimasukkan haruslah air mineral bersih yang diperoleh dari air dalam botol mineral sebelumnya.

Lubang pada tutup botol lalu disambung dengan selang oksigen. Selang ini pula dihubungkan ke pompa udara. Pompa udara berfungsi mensuplai oksigen dalam botol melalui selang yang ada. Pompa udara harus dihidupkan selama 24 jam. Jika sudah, matikan pompa udara dan diamkan kurang lebih selama 20 menit.

Setelah 20 menit akan terbentuk endapan di bagian tutup botol, endapan tersebut berwarna oranye. Bagian endapan oranye tersebut kemudian di saring dengan menggunakan kain halus atau saringan teh. Bilas artemia yang telah dihasilkan, setelah itu baru artemia siap diberikan sebagai pakan ikan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Artemia Dengan Botol Plastik Sebagai Pakan Alami Burayak Ikan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa