Panduan Lengkap Cara Budidaya Belimbing Dewi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Belimbing Dewi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Belimbing (Averrhoa carambola) atau Star fruit adalah salah satu tumbuhan buah yang memiliki bentuk khas. Tanaman ini berasal dari Sri Langka, India dan Indonesia. Namun kini penyebarannya sudah sangat luas yaitu hampir di seluruh penjuru dunia. Belimbing adalah salah satu tanaman buah tropis, pohon buah belimbing memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan banyak cabang. Daunnya majemuk dan memiliki panjang sekitar 50 cm, bunga pada tumbuhan belimbing memiliki warna merah muda. Buah pada tumbuhan belimbing mengandung banyak air, memiliki warna kehijauan dan ada yang kuning, apabila buah di potong maka akan terlihat penampang melintangnya seperti bentuk bintang. Rasa buahnya manis dengan sedikit asam, biji pada buah berwarna hitam atau coklat.

Klasifikasi Ilmiah Belimbing
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Oxalidales
Famili: Oxalidaceae
Genus: Averrhoa
Spesies: A. carambola

Belimbing memiliki berbagai manfaat diantaranya yaitu dapat mengobati batuk pada anak, dapat mengobati sariawan dan gusi berdarah, dapat mengatasi panu dan jerawat dan lain sebagainya.

Ada banyak verietas jenis belimbing, salah satunya yaitu belimbing dewi. Belimbing dewi adalah varietas unggulan dari tanaman belimbing. Keunggulan varietas belimbing dewi yaitu bentuk buahnya proporsional, memiliki kulit yang mengkilap, dan berwarna kuning jingga. Setiap buah belimbing dewi berukuran sekitar 10-15 cm dengan bobot rata-rata sekitar 200-250 gram.

Cara Budidaya Belimbing Dewi

Syarat Tumbuh BelimBing Dewi

Pohon belimbing dewi paling bagus dibudidayakan di daerah dengan ketinggian 100-500 m dpl danĀ  biasanya memiliki 7,5 bulan basah dan 4,5 bulan kering. Pohon belimbing dewi ini bisa ditanam di hampir semua jenis tanah. Usahakan kondisi lahan tanamnya terbuka dengan intensitas penyinaran 40-50% dan pH tanah 5,5-7,5.

Persiapan Lahan Tanam Belimbing Dewi

Bersihkan gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar lahan, lalu buatlah lubang tanam berukuran 50 x50 cm atau 70 x 70 cm dengan jarak antara lubang sekitar 5-7 m. Pisahkan tanah galian bagian atas dengan tanah bagian bawah. Biarkan lubang tanam tersbeut selama 1-2 minggu.

Penanaman Belimbing Dewi

Pada saat penanaman, masukkan tanah galian bagian bawah terlebih dahulu ke dalam lubang tanam, sedangkan tanah galian bagian atas dicampur dengan dengan 10 kg pupuk kandang dan 0,25 kg NPK (15-15-15).

Lepaskan polybag bibit belimbing dewi dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan medianya. Tanamkan bibit dalam posisi yang tegak lalu timbun kembali dengan media tanam berupa campuran tanah galian, pupuk NPK dan pupuk kandang. Usahakan timbunan lubang tanam membentuk permukaan tanah yang cembung. Selanjutnya, pasang ajir sebagai penyangganya. Pastikan tidak ada bagian batang okulasi (grafting) yang tertutup oleh tanah.

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Belimbing Dewi

Lakukan pemupukan susulan pertama kali pada saat tanaman belimbing dewi berusia 4 bulan dengan menggunakan pupuk NPK sebanyak 200-300 gram/pohon. Dalam rentang umur 1-3 tahun, tanaman perlu diberikan NPK sebanyak 0,5-1 kg/pohon per tahun. Teknik pemupukan belimbing dewi yaitu dengan membuat parit yang melingkari tajuk luar tanaman sejauh 50 cm, taburkan pupuk ke parit, lalu tutup parit menggunakan tanah di sekitarnya. Tambahkan dosis NPK pada tanaman yang berusia lebih dari 3 tahun.

Lakukan pemangkasan dimulai dari bagian pucuk dari bakal batang utama, tepatnya 1 cm di atas ruas keenam, sisakan 2 cabang dari ruas yang tumbuh. Lalu pangkas bagian ruas keempat. Begitu pola seterusnya hingga menghasilkan tajuk pohon belimbing yang sesuai dengan keinginan dan perencanaan kalian.

Jika sudah mulai berbuah, lalukan penjarangan buah. Tujuan penjarangan buah ini yaitu untuk meningkatkan kualitas buah, baik dari segi ukuran ataupun penampilan. Buah terpilih lalu dibungkus dengan plastik untuk mencegah serangan lalat buah.

Pemanenan Buah Belimbing Dewi

Belimbing biasanya mulai menghasilkan buah layak panen saat berumur 2 tahun dengan waktu pertumbuhan dari bunga menjadi buah masak sekitar 70-90 hari. Masa panen belimbing dapat mencapai 3-4 kali/tahun. Ciri-ciri buah belimbing dewi yang layak panen yaitu bentuk buah sudah penuh, warnanya dominan jingga dan permukaannya mengkilap.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Belimbing Dewi Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa