Cara Budidaya Biriba atau Srikaya Nanas (Rollinia deliciosa), Berukuran Raksasa dan Mahal

Posted on

Cara Budidaya Biriba atau Srikaya Nanas (Rollinia deliciosa), Berukuran Raksasa dan Mahal – Buah Biriba, srikaya nanas (srikaya pineapple), srikaya raksasa (Rollinia deliciosa) merupakan tanaman custard apple yang termasuk dalam famili Annonaceae dan berasal dari Amerika Selatan Bagian Tropis.Jika dibandingkan dengan srikaya lokal, srikaya nanas ini memiliki daging buahnya lebih manis dan berserat lebih halus, selain itu walaupun buahnya berukuran jumbo tetapi bijinya hanya sedikit.

Pohon biriba memiliki pertumbuhan yang cepat, suka sinar matahari, toleran terhadap banjir, serta dapat tumbuh hingga ketinggian 4-10 meter. Daunnya memiliki panjang hingga 35 cm dan apabila ditanam dari biji maka srikaya nanas akan berbuah setelah sekitar 3 tahun.

Buah biriba atau srikaya nanas ini berbentuk kerucut atau bundar, berukuran besar dengan berat sekitar 1-2 kg aau tiga kali lebih besar dibandingkan dengan srikaya biasa, berwarna hijau saat masih muda dan akan beruban menjadu kuning saat sudah matang. Permukaan buah biriba ini ditutupi oleh duri lunak yang bisa rusak atau memar jika dipegang atau dianggut dengan tidak hati-hati. Rasa buah biriba atau srikaya nanas ini sangat lembut dan manis, mirip nanas atau pie lemon. Biriba atau srikaya nanas ini bisa dimakan langsung atau dibuat selai dan jus. Selain itu, di Brazil biriba atau srikaya nanas ini dibuat anggur atau minuman atau diolah menjadi makanan lainnya. Kayu biriba ini cukup kuat, sering dijadiukan sebagai bahan pembuatan perahu atau kapal laut.

Cara Menanam Budidaya Biriba atau Srikaya Nanas (Srikaya Pineapple)

Biriba atau srikaya nanas ini merupakan salah satu tanaman primadona yang masih sedikit yang membudidayakan. Alhasil, budidaya tanaman ini memang sangat menjanjikan keuntungan. Bayangkan saja dalam 1 buah harganya bisa mencapai Rp. 100.000,-/kg dan dalam 1 pohon dapat menghasilkan sekitar 90-100 buah di usia produktif sedangkan setiap 1 buahnya beratnya bisa 1-2 kilogram. Tanaman ini juga rajin berbuah, bahkan dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat dalam 1 tahun buah Srikaya varietas ini bisa dipanen sebanyak 2-3 kali.

Tumbuhan Srikaya Nanas atau Biriba bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman ini berasal dari kawasan tropis Amerika Selatan seperti Brazil, Meksiko dan Argentina.

Agar lebih cepat berbuah maka lakukan perawatan yang baik dan benar pada tanaman biriba atau srikaya nanas ini. Lakukan penyiraman secara rutin jangan sampai kondisi tanah kering, selain itu lakukan pemupukan dan juga pembentukan tajuk semenjak dini untuk merangsang munculnya bunga.

Lakukan perontokan daun atau pemangkasan dengan cara memotong daun dan disisakan sebagian tangkai daun. Akan tetapi, sisa tangkai daun tersebut juga nantinya akan rontok dan akan tumbuh tunas yang merupakan cikal bakal tajuk baru. Perbedaan perontokan daun pada tanaman biriba dengan tanaman lain yaitu pemangkasan daun bersama tangkainya dirontokkan semua. Untuk Perangsangan pilihlah tanaman yang sehat dengan asupan pupuk yang cukup dan perlu diketahui bahwa tanaman biriba yang sudah mampu berbuah maksimal yakni batangnya berwarna coklat tua (sudah tua) karena batang yang sudah tua mampu menopang seluruh berat buah biriba tersebut dengan kuat sehingga dalam proses pematangan buah dari bakal buah dan bunga tidak mengalami banyak kerontokan.

Jangan lupa, setelah bunga biriba tersebut menghasilkan buah lakukan pembungkusan dengan plastik agar tidak diserang hama berupa lalat buah atau sejenisnya sehingga buah mulus dan terjaga kualitasnya. Selama proses pembesaran buah biriba atau semangka nanas, lakukan pemupukan menggunakan pupuk dengan kandungan K yang lebih tinggi.

Demikian artikel tentang “Cara Budidaya Biriba atau Srikaya Nanas (Rollinia deliciosa), Berukuran Raksasa dan Mahal” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa