Cara Sukses Budidaya dan Memelihara Ayam Ketawa Dengan Mudah

Posted on

Cara Budidaya dan Memelihara Ayam Ketawa Dengan Mudah – Ayam ketawa merupakan jenis ayam yang memiliki suara seperti orang tertawa, dengan keunikan tersebut jenis ayam ini banyak dibudidayakan oleh para pecinta ayam sebagai ayam koleksi atau ayam hias. Nah jika anda ingin membudidayakan dan memelihara ayam ketawa ini, anda dapat menggunakan metode yang sama dengan ayam kampung biasa.

Cara Budidaya Ayam Ketawa

Orang yang belum mengetahui, banyak yang membayangkan bahwa cara memelihara ayam ketawa sangatlah sulit dan merepotkan. Namun sebenarnya memelihara ayam ketawa sama halnya dengan memelihara ayam hias atau ayam aduan lainnya bahkan lebih mudah karena dalam pemeliharaannya, tidak ada aturan khusus.

Cara Menetaskan Telur

Penetasan telur ayam ketawa dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan mesin penetas ataupun dengan mengeramkan pada induk ayam betina lain yang sedang mengeram. Kedua cara penetasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan menggunakan mesin penetas, kita tidak perlu menyiapkan induk ayam betina lain untuk menetaskan telur ayam ketawa. Selain itu, dengan menggunakan mesin penetas kita lebih mudah menentukan kapasitas telur yang akan ditetaskan, tinggal menyesuaikan dengan produksi telur dan kapasitas med=sin penetas yang akan diigunakan.

Persiapan Kandang

Kandang yang perlu dipersiapan untuk memelihara ayam ketawa yakni menggunakan kandang dengan sistem baterai. Kandang tersebut dibuat agar ayam jantan maupun ayam betina lebih leluasa bergerak. Karena prinsip lantai kandang sistem baterai ayam ketawa miring, maka saat ayam ketawa betina bertelur maka telurnya akan menggelinding ke bagian yang rendah, jika begitu tinggal mengambil telur tersebut untuk di tetaskan. Namun perlu diingat, lakukan pemasangan ban atau busa sebagai penahan saat telur menggelinding ke luar telur ayam ketawa tersebut tidak jatuh dan pecah.

Perawatan Anakan Ayam

Anakan ayam ketawa dapat diberi pakan berupa por yang lembut dan minum yang diberikan air yang sudah di beri suplemen. Selain pakan dan minum, suhu ruangan di kandang anakan dibuat hangat dengan memberi lampu listrik 5 watt.

Agar anak ayam ketawa tidak mudah terserang penyakit sebaiknya di vaksin, pilihlah cara vaksin melalui tetes mata. Vaksin bisa diberikan ke ayam ketawa yang baru menetas hingga berumur 1 minggu. Pastikan vaksin tersebut benar-benar masuk ke mata ayam, setelah diteteskan ke mata ayam, ayam dipegang dulu hingga ayam mengerjapkan mata berkali-kali, jika sudah barulah ayam ketawa dilepas. Vaksin selanjutnya diberikan saat ayam berumur 1 bulan hingga dewasa, cara pemberian vaksin tersebut sama dengan cara pemberian vaksin pada anak ayam ketawa.

Ayam ketawa yang sudah berumur 4 bulan pemberian pakan por 591 mulai dikurangi, por yang akan diberipakan pada ayam ketawa dicampur dengan beras merah atau jagung slep. Anakan ayam ketawa yang sudah berumur 4 bulan sudah mulai belajar berbunyi dan selain pakan, minuman yang diberikan pada ayam ketawa tetap dicampur dengan suplemen.

Perawatan Ayam Ketawa Dewasa

Agar menghasilkan ayam ketawa yang baik, sehat dan memiliki suara yang bagus maka perlu dilakukan perawatan dan latihan . Berikut ini tips & cara merawat dan melatih ayam ketawa :

Lakukan pembersihan kandang ayam ketawa secara rutin. Karena kebersihan kandang sangat berpengaruh pada sehat tidaknya ayam ketawa. Apabila kandang kotor maka ayam akan rentan terkena penyakit, sedangkan jika kandang bersih maka hal tersebut membuat ayam mempunyai nafsu makan yang baik.

Ayam ketawa dimandikan paling tidak setiap 3 hari sekali agar menjaga tubuh ayam ketawa tetap bersih dan segar. Setelah dimandikan, ayam ketawa dijemur kurang lebih selama 30 menit.

Karena sifat alamiah ayam yang suka naik ke atas, sebaiknya ayam ketawa memiliki tempat untuk bertengger. Dengan mengkondisikan lingkungan sekitar ayam ketawa dengan baik, maka pertumbuhan ayam ketawa juga akan baik dan tidak mudah sakit.

Untuk melatih ayam ketawa agar mau berkokok, ayam diperdengarkan suara kokokan ayam ketawa lain. Pilihlah audio ayam ketawa dengan suara bagus, lalu diperdengarkan ke ayam ketawa milik anda agar terpacu untuk ikut bersuara, walaupun tidak dapat menyerupai namun hal tersebut dapat melatih keberanian ayam ketawa.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya dan Memelihara Ayam Ketawa Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa