Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji “Pewarna Makanan Alami” di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji “Pewarna Makanan Alami” di Rumah Bagi Pemula – Suji atau daun pudak (Dracaena angustifolia syn. Pleomele angustifolia) merupakan tanaman perdu tahunan yang daunnya banyak dimanfaatkan sebagai pewarna hijau makanan. Daun suji ini memberikan warna hijau yang lebih pekat dibandingkan dengan daun pandan wangi namun daun suji ini tidak memiliki aroma.

Klasifikasi ilmiah Daun Suji
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Ruscaceae (Dracaenaceae)
Genus: Dracaena
Spesies: D. angustifolia

Selain dimanfaatkan sebagai pewarna, tanaman suji ini juga sering dijadikan sebagai tanaman pekarangan karena memiliki bentuk yang indah dan bunganya juga beraroma wangi terutama pada sore hari. Bunga majemuk tersusun dalam karangan dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan terkadang terdapat semburat ungu.

Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji

Cara Pembibitan Daun Suji

Pembibitan tanaman daun suji dapat dilakukan dengan cara pemisahan tunas yang muncul dari pangkal induk atau melalui stek batang. Namun jika ingin cepat penanamannya, sebaiknya pilih pembibitan melalui tunas. Caranya pisahkan tunas anakan dari tanaman induk, sertakan akarnya. Setelah itu, simpan tunas tersebut sementara dalam ruangan basah dan lembab.

Cara Menanam Tanaman Daun Suji

Sebelum melakukan penanaman, siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1, yang aduk kedua bahan media tanam tersebut secara merata. Setelah itu, tanam bibit pada media tanam sedalam 5 cm hingga 10 cm, lalu padatkan areal sekitar bibit agar kuat. Setelah itu, siram area sekitar pangkal tanaman agar bibit dapat tumbuh baik.

Cara Merawat Tanaman Daun Suji

Seperti kebanyakan tanaman berkayu lainnya, tanaman suji bisa menyerap air tanah dengan baik. Jadi penyiraman hanya perlu dilakukan sesekali apabila diperlukan saja. Apabila suji ditanam di pekarangan, maka jangan lupa lakukan penyiangan terhadap gulma dan merampali dedaunan yang kering. Selain itu, lakukan pula pemberian nutrisi berupa pupuk baik pupuk organik atau pupuk buatan secara berkala setiap 1-2 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya dan Menanam Tanaman Daun Suji “Pewarna Makanan Alami” di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa