Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula – Kura-kura brazil atau kura-kura red ear slider (trachemys scripta elegans) adal;ah jenis kura-kura yang berasal dari bagian selatan Amerika Serikat, memiliki warna tempurung campuran antara hijau dan kuning. Karena termasuk hewan air, jari-jari kaki belakang dihubungkan oleh selaput seperti bebek.

Untuk membedakan kura-kura brazil dengan jenis pseudemys lain sangat mudah dibedakan oleh rahang bawahnya, kura-kura brazil memiliki rahang bawah yang lebih bulat sedangkan jenis pseudemys lebih kotak.

Sedangkan untuk membedakan kura-kura brazil jantan dan betina dapat dilihat dari fisiknya yaitu kura-kura brazil jantan memiliki cakar yang lebih panjang di kaki depannya. sedangkan kloaka pada betina lebih dekat ke tempurungnya daripada jantan.

Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil

Persiapan Tempat Budidaya Kura-Kura Brazil

Ada 2 kolam yang perlu disiapkan untuk melakukan budidaya kura-kura brazil ini yaitu kolam wadah kura-kura dan kolam tempat pemijahan.

Kolam wadah kura-kura yang perlu disiapkan harus berukuran yang besar atau luas yaitu enam kali lipat besar kura-kura. Selain itu, kolam juga harus terdapat dua lingkungan di dalam kolam yaitu daratan seluas 10% dari kolam dan sisanya (90%) untuk lingkungan basah atau perairan.

Sedangkan kolam pemijahan dibuat dengan ukuran 2×3 meter. pada bagian tengah kolam ini perlu dipasang sekat yang membagi kolam menjadi daerah daratan pasir dan air. Sekat ini berguna menghalangi air agar tidak tercampur dengan pasir karena pasir harus selalu dalam keadaan kering. Selain itu, usahakan kura-kura bisa mencapai daratan untuk meletakkan telur-telurnya. Di atas daratan, diberi lampu bohlam 10 watt dengan jarak lampu dengan pasir yaitu sekitar 10 cm.

Memilih Indukan Kura-Kura Brazil

Pilihlah indukan kura-kura yang sehat dengan ciri-ciri memiliki ukuran tubuh yang gemuk dan juga tempurungnya bersih, serta telah berumur sekitar 2 tahun.

Pembenihan Kura-Kura Brazil

Dalam satu kolam diletakkan seekor jantan dan dua ekor betina. Air dalam kolam harus selalu bersih, untuk itu buatlah aliran kecil dalam kolam agar terjadi pertukaran air. Makanan yang bisa diberikan dapat memberikan sayuran seperti kangkung atau serangga seperti jangkrik. Usahakan pemberian pakan tidak berlebihan agar kolam tidak kotor. Apabila semua langkah telah dijalankan, tinggal tunggu beberapa hari sembaru memeriksa di dalam pasir apakah sudah ada telur atau belum.

Cara Merawat Anak Kura-kura Brazil

Anak kura-kura brazil yang baru lahir tidak perlu diberi pakan selama satu hari karena anakan masih memiliki sumber makanan yang berasal dari telurnya. Jika sudah lewat sehari, anakan dapat diberi pakan berupa pelet atau pakan alami seperti ikan.

Pemberian Pakan Kura-Kura Brazil

Kura-kura brazil termasuk hewan omnivora atau pemakan segala, namun pakan yang diberikan perlu diperhatikan. Kura-kura brazil anakan lebih suka makan daging-dagingan, sedangkan kura-kura brazil dewasa biasa lebih suka memakan tumbuh-tumbuhan. Pakan yang dapat diberikan untuk kura-kura brazil diantaranya sayuran hijau seperti lettuce, sayuran putih seperti sawi dan wortel, serta sayuran yang mengandung banyak kalsium; pelet, buah-buahan seperti pepaya, pisang dan tomat; serangga; cacing; ikan; daging ayam dan tulang sotong.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa