Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari

Cara Budidaya Ikan Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari Bagi Pemula

Posted on

Cara Budidaya Ikan Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari Bagi Pemula – Ikan Angel Fish atau Manfish adalah jenis ikan hias yang berasal dari Amerika serikat, namun ikan angel fish atau ikan bidadari ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini disebut dengan ikan bidadari karena ikan ini memiliki bentuk dan warna yang menarik dan memiliki gerakan yang tenang. Karena hal tersebutlah orag banyak membudidayakan ikan ini, selain itu harganya yang cukup mahal membuat orang tertarik untuk melakukan budidaya ikan ini.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Divisi: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Cichlidae
Genus: Pterophyllum
Spesies: P. scalare

Jika anda ingin melakukan budidaya ikan bidadari ini, anda tidak memerlukan biaya yang besar dan juga tempat yang luas karena budidaya ikan ini dapat dilakukan dengan menggunakan akuarium atau paso tanah. Berikut adalah cara budidaya ikan manfish, angelfish atau ikan bidadari:

1. Membedakan Jantan dan Betina Ikan Angelfish
Sebelum melakukan budidaya anda harus dapat membedakan antara Jantan dan betina ikan bidadari ini, berikut adalah cara membedakannya:
Jantan:
Memiliki ukuran yang relatif lebih besar dibanding betina pada usia yang sama
Bentuk badannya pipih atau ramping
Bentuk kepalanya agak besar
Mulut ke sirip punggung cembung.

Betina
Memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibanding dengan jantan
Bentuk perutnya besar atau menonjol
Bentuk kepalanya lebih kecil
Mulut ke sirip membentuk garis lurus terkadanf menonjol sedikit.

2. Memilih Indukan Angelfish
Ikan yang akan dipijahkan adalah ikan yang berumur sekitar 6 bulan dengan ukuran panjang sekitar 7,5 cm untuk jantan dan sekitar 5 cm untuk betina.

Indukan yang sudah matang gonad, selanjutnya dimasukkan dalam satu bak berukuran sekitar 2×2 m2 dan diisi air dengan ketinggian sekitar 30 cm. Para calon indukan tersebut akan memilih pasangan masing-masing. Jika berpasangan maka ikan tersebut akan memisahkan diri dari kelompok. Ikan yang sudah berpasangan dipisahkan ke kolam pemijahan.

3. Pemijahan Ikan Angelfish
Tempat yang digunakan untuk pemijahan dapat berupa akuarium, bak atau paso tanah. Kemudian tempat tersebut diisi air setinggi 30-60 cm yang sudah diendapkan terlebih dahulu. Siapkan substrat dapat dari daun pisang, seng plastik, atau genting dengan ukuran lebar sekitar 10 cm dan panjang sekitar 20 cm. Substrat tersebut diletakkan dalam tempat pemijahan dengan posisi miring atau terlentang. Setelah siap, Indukan dimasukkan dalam kolam pemijahan. Sebelum melakukan pemijahan, jantan akan membersihkan substrat dengan mulutnya. Setelah pemijahan telur akan menempel pada substrat. Selama pemijahan indukan diberi pakan berupa kutu air dan encuk. Biasany sekali pemijahan dihasilkan sebanyak 2000-3000 telur.

4. Pemeliharaan Benih Ikan Angelfish
Setelah pemijahan, substrat yang berisi telur diangkat dan dimasukkan dalam akuarium penetasan. Namun saat pengangkatan substrat usahakan telur tetap terendam air, bisa menggunakan baskom atau wadah lainnya yang dimasukkan dalam kolam pemijahan. Selain itu, penetasan telur tetap dapat dilakukan di kolam pemijahan, setelah menetas sekitar 2-3 hari benih akan tetap menempel pada substrat dapat dipindahkan ke akuarium dengan cara yang sama.

Akuarium yang digunakan untuk penetasan atau pemeliharaan benih diisi air yang sudah diendapkan dengan ketinggian sekitar 10 cm, untuk menghindari serangan jamur beri methylen blue dalam air. Selain itu pasang pompa udara.

Benih yang masih menempel pada substrat tidak perlu diberi pakan, setelah lepas pada usia 3-4 haru dapat diberi pakan berupa rotifera atau kutu air yang disaring hingga berumur 5-7 hari. Setelah berumur 1 minggu dapat diberi pakan berupa kutu air tanpa saring dan cacing rambut.

5. Pembesaran Angelfish
Setelah berumur 1,5 bulan, ikan dapat dipindahkan ke kolam pembesaran yang dapat berupa bak tembok berukuran sekitar 1,5 meter x 2 meter persegi dan diisi air setinggi 15-20 cm dengan kepadatan tebar sekitar 1000 ekor. Lakukan penjarangan setiap 2 minggu sekali dengan membagi 2 hingga dalam setiap kolam berisi 100 ekor ikan saja.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Angel Fish (Manfish) atau Ikan Bidadari Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa