Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Dengan Mudah Bagi Pemula

Ikan Arwana (Scleropages formosus) merupakan ikan hias air tawar dari Asia Tenggara, Ikan ini banyak digemari sebagai ikan peliharaan karena ikan ini memiliki warna dan bentuk yang indah. Terdapat 4 varietas warna dari ikan arwana ini yaitu:

  • Ikan Arwana Hijau ditemukan di Indonesia, Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Malaysia
  • Ikan Arwana Emas dengan ekor merah ditemukan di Indonesia
  • Ikan Arwana Emas ditemukan di Malaysia
  • Ikan Arwana Merah ditemukan di Indonesia

Harga ikan arwana dapat mencapai sekitar 5 hingga 10 juta per ekornya. Jadi, dengan membudidayakan ikan ini dapat dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Kini banyak orang mulai melakukan budidaya ikan ini baik itu dalam kolam besar ataupun dalam akuarium.

Budidaya dengan menggunakan kolam besar, pastilah membutuhkan modal yang besar pula. Untuk itu, budidaya dengan akuarium dapat menjadi solusinya. Berikut adalah cara budidaya ikan arwana dalam akuarium :

Cara Budidaya Ikan Arwana

a. Persiapan Media atau Akuarium Budidaya Ikan Arwana
Sebelum melakukan budidaya ikan arwana sebaiknya siapkan dahulu media budidaya berupa akuarium. Jumlah akuarium yang akan digunakan untuk budidaya disesuaikan dengan kebutuhan, akuarium tersebut juga harus diberi perlengkapan seperti aerator, heater, filter air, pengatur suhu dan juga lampu.

b. Pemilihan Jenis Ikan Arwana
Jenis ikan arwana sangatlah banyak, maka disarankan anda untuk membudidayakan ikan arwana jenis super red karena jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi yaitu sekitar 5 juta per ekor untuk ikan dewasa dan sekitar 1 juta per ekor unuk benihnya. Namun dirasa modal tidak memenuhi maka anda dapat melakukan budidaya jenis ikan arwana lain.

c. Persiapan Indukan Ikan Arwana
Ikan arwana yang akan dijadikan indukan sebaiknya ikan arwana yang berkualitas baik karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil nantinya. Untuk membedakan antara ikan arwana jantan dan ikan arwana betina dapat dilihat dari ukuran tubuh dan kepalanya, jika ukuran tubuh dan kepala kecil berarti iakn tersebut adalah inkan arwana betina.

Ikan arwana yang dapat dijadikan indukan dan dikembang biakan adalah ikan yang telah mencapai umur sekitar 4 tahun lebih. Ikan yang telah dipilih menjadi indukan selanjutnya dipisahkan dengan arwana lain, selama dikembangbiakan ikan arwana tersebut diberi pakan khusus berupa udang.

d. Waktu Pengembangbiakan Ikan Arwana
Ikan arwana siap dikembang biakan ditandai dengan ikan tersebut telah menemukan pasangan, mereka sering berenang bersama dengan kepala dan ekor menempel.

Jika sudah seperti itu, ambil ikan tersebut dan tempatkan pada tempat atau akuarium perkembangbiakan. Selanjutnya ikan akan melakukan proses perkawinan, setelah itu betina akan bertelur. Ikan arwana jantan kemudian akan memakan telur yang dikeluarkan betina untuk membuahi telur tersebut hingga menjadi larva ikan. Setelah sekitar 2 bulan maka ikan jantan tersebut akan mengeluarkan larva ikan tersebut.

e. Pembesaran Benih Ikan Arwana
Benih ikan arwana yang telah memiliki ukuran sekitar 1 cm, diberi pakan berupa cacing pita dan juga nutrisi buatan lainyya hingga memiliki ukuran sekitar 12 cm. Setelah berukuran 12 cm maka benih tersebut dipisahkan dari indukan untuk menghindari benih termakan oleh indukan dan beri pakan ikan tersebut dengan ikan runcah atau udang kecil.

f. Pemanenan Ikan Arwana
Jika ikan arwana telah memiliki ukuran sesuai dan telah memiliki warna yang bagus, ikan dapat dipanen dan dijual.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Arwana Di Akuarium Dengan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postinngan kami berikutnya. Sampai jumpa