Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Besar

Posted on

Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat BesarIkan Bawal adalah salah satu jenis ikan air tawar yang masuk dalam famili Bramidae. Ikan bawal ada yang berasal dari Hawaii dan juga ada beberapa yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia.

Ikan bawal ini banyak digemari orang untuk konsumsi, sehingga membudidayakan ikan ini untuk menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Melakukan budidaya ikan bawal tidak begitu sulit, budidaya ikan bawal bisa dilakukan dengan berbagai metode dan kolam untuk budidaya pun dapat menggunakan berbagai jenis kolam mulai dari kolam tanah, kolam terpal ataupun kandang.

Kunci agar sukses dalam melakukan budidaya ikan bawal ini adalah memperhatikan setingan kolam untuk budidaya dan perbanyak informasi tentang budidaya ikan bawal ini. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan bawal di kolam terpal. Berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Persiapan Kolam

Ukuran kolam yang perlu disiapkan untuk budidaya ikan bawal dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kolam terpal sudah selesai dibuat, selanjutnya masukkan air ke dalam kolam, jangan terlalu penuh. Diamkan kurang lebih selama sekitar 3 hari. Jika sudah barulah bibit ikan bawal dapat di tebarkan dalam kolam.

Persiapan Benih Ikan Bawal

Benih yang akan ditebar pastinya akan menentukan hasil pemanenan nanti. Maka dari itu, pilihlah benih bibit ikan bawal yang berkualitas. Ukuran ikan bawal yang ideal untuk dibudidayakan yaitu ikan berukuran sekitar 5 cm hingga 8 cm. Namun sebelum ditebar ke dalam kolamm, sebainyan ikan di karantina terlebih dahulu di bak dan di tetra siklin selama sekitar 3 hari.

Penebaran Benih Ke Kolam

Penebaran atau penebaran benih harus dilakukan dengan tepat agar nantinya hasil budidaya juga maksimal. Untuk kolam terpal, kepadatan penebaran benih dilakukan dengan kuantitas 100 hingga 150 ekor per meter kolam. Perhatikan pula air yang ada didalam kolam, usahakan pada awal penebaran benih tinggi air sekitar 30-40 cm.

Pembesaran Ikan

Proses pembesaran ikan bawal di kolam terpal ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 4 bulan jika benih yang ditebar berukuran sekitar 5 cm – 8cm.

Pemberian Pakan

Agar ikan bawal cepat besar maka berikan pakan yang tepat. Pakan yang diberikan untuk ikan bawal yang dibudidayakan yaitu pelet yang mengandung 30% protein dan pelet tersebut telah dijadikan tepung. Pemberian pakan dilakukan sebanyak 4 kali dalam sehari yaitu pada pagi, siang, sore dan malam hari. Pemberian pakan ini disesuaikan daengan jumlah ikan dan juga berat badan ikan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Cepat Besar“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa