Lele Dumbo

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Di Kolam Agar Cepat Besar Bagi Pemula

Posted on

Cara Budidaya Ternak Ikan Lele Dumbo Di Kolam (Kolam Tanah, Kolam Terpal, Kolam Tembok atau yang lainnya) Agar Cepat Besar Bagi Pemula Lele Dumbo (Clarias gariepinus) adalah jenis ikan lele yang berasal dari Afrika. Jika dibandingkan dengan lele jenis lain, lele dumbo memiliki ukuran yang lebih besar dan patil yang dimiliki tidak tajam.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Siluriformes
Famili: Clariidae
Genus: Clarias
Spesies: Clarias gariepinus

Secara alami ikan lele dumbo dapat ditemukan di berbagai tempat di Afrika dan juga Timur Tengah. Lele dumbo menyukai air tawar yang tenang dan juga kubangan buatan manusia, bahkan ikan ini dapat hidup di saluran pembuangan air. Kini sudah banyak orang Asia Tenggara termasuk Indonesia mulai membudidayakan ikan lele dumbo sebagai sumber pangan, walaupun memiliki kelemahan yaitu dagingnya lunak dan mudah hancur saat digoreng namun ikan ini banyak disuakai konsumen. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya tentak ikan lele dumbo.

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo

Pembuatan kolam ikan

Budidaya ikan lele dumbo dapat dilakukan di kolam tanah, kolam terpal, kolam tembok atau yang lainnya. Jika menggunakan kolam tanah maka kolam dibuat dengan ukuran 7 x 5 meter dan kedalaman sekitar 1 meter. Setelah kolam tanah selesai dibuat, keringkan selama 3 hari lalu pada hari keempat taburkan kapur sebanyak 100 gram/meter persegi, pupuk kandang sebanyak 700 gr/meter persegi. Biarkan selama 3 hari tanpa air.

Jika menggunakan kolam terpal, ada 2 cara membuat kolam terpal yaitu dengan membuat galian tanah terlebih dahulu dan dengan membuat kolam terpal dengan rangka bambu atau kayu. Untuk 100 ekor ikan lele dumbo maka ukuran kolam yang dibuat yaitu 2 meter x 1 meter x 0,6 meter.

Penebaran Benih Ikan Lele Dumbo

Benih ikan lele dumbo yang akan ditebar yaitu benih yang berumur sekitar 1 bulan atau memiliki ukuran sekitar 5 – 110 cm. Penabaran bibit inni dilakukan pada pagi hari.

Pemberian Pakan Tambahan

Benih lele yang sudah ditempatkan di kolam akan mendapat makanan alamiseperti hytoplankton dan zooplankton. Namun beri pula makanan tambahan berupa kotoran ayam, bangkai unggas yang dibakar atau sisa-sisa makanan di dapur yang dibuat adonan dan disebarkan ke dalam kolam, selain itu bisa juga tepung pelet sebanyak 0,75 gram/1000 ekor bibit.

Penyakit Pada Lele Dumbo

Penyakit yang sering menyerang ikan lele dumbo antara lain Ichthyopthirius multifiliis atau bintik putih. Penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan persiapan kolam budidaya yang baik, terutama pada saat pengeringan dan juga pengapuran. Jika lele telah terserang penyakit ini, cara mengobatinya dapat dilakukan dengan menebarkan garam dapur sebanyak 200 gram /meter kubik kolam setiap 10 hari berturut-turut.

Waktu panen ikan lele

Ikan lele dumbo dapat mulai dipanen setelah berumur sekitar 3 bulan terhitung mulai dari waktu penebaran benih ikan lele dumbo tersebut. Pertumbuhan badan berubah dari berukuran berat sekitar 10 gram menjadi sekitar 200–300 gram.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Di Kolam Agar Cepat Besar Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa