Cara Budidaya Ikan Louhan

Panduan Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi PemulaIkan Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias akuarium. Ikan ini memiliki warna sisik yang hidup dan memiliki benjolan kepala yang memiliki bentuk khas disebut dengan benjol Kelam. Habitat asli ikan Louhan ini yaitu Malaysia dan Taiwan, namun ikan ini sudah banyak dipelihara oleh para penggemar ikan hias di seluruh dunia. Ikan Louhan ini merupakan hasil perkawinan antara
ikan merah cichlid dan hibrida parrot cichlid.

Ada banyak jenis jenis ikan louhan diantaranya: Chinwa, Cencu, Fly Marking, Golden Best, Classic dan Free Head.

Saat ini ikan louhan tidak setenar dulu pada saat tahun 2000an. Saat itu harga ikan louhan sangat fantastis bahkan dapat mencapai puluhan juta rupiah per ekornya.

Cara Dan Tips Budidaya Ikan Louhan

Ciri-Ciri Ikan Louhan Yang Baik

Ikan Louhan yang baik, memiliki ciri-ciri berikut:

  • Sirip bagian bawah dan atas sama besar atau seimbang.
  • Memiliki bintik kecil merah menyerupai mutiara di seluruh tubuh
  • Memiliki totol hitam tegas di beberapa bagian tubuh
  • Terdapat lingkarang abu-abu cerah mengelilingi totol hitam.
  • Warna dasar tubuh ikan cerah tidak pucat
  • Benjolan dikepala terlihat simetris atau proporsional.
  • Mata sehat dan terdapat warna merah yang melingkar.

Pemijahan Ikan Louhan

Sebelum melakukan pemijahan, perlu disiapkan terlebih dahulu alat alat yang dibutuhkan seperti akuarium besar, filter, aerator, alat penampungan air, bebatuan dan lampu UV.

Jika alat sudah siap, selanjutnya kita dapat memulai proses pemijahan. Pertama, masukkan ikan louhan jantan dan louhan betina ke dalam akurium namun antara jantan dan betiina dipisahkan oleh kaca penyekat. Pada hari pertama, louhan akan terlihat gelisah karena sifatnya yang menganggap wilayah kekuasaannya namun lama kelamaan ikan akan terbiasa.

Apabila ikan louhan betina sudah memperlihatkan tanda-tanda telur, gabungkan kedua ikan tersebut. Setelah proses penggabungan ikan berhasil, dalam waktu semalam setelah pemijahan amati tingkah laku ikan louhan. Jika kedua ikan louhan tampak akur dan menjaga telurnya maka biarkan saja. Akan tetapi, jika ikan louhan berkelahi dan berusaha memakan telurnya maka pisahkan indukan serta telurnya pada tempat berbeda.

Pemeliharaan Ikan Louhan

Pemeliharaan anakan ikan louhan sebenarnya cukup sederhana dan tidak ada perlakukan khusus seperti jenis ikan mahal lainnya. Kunci utama dalam pemeliharaan kikan lohan yaitu menjaga kualitas air dan juga pemberian pakan.

Pemberian Pakan Ikan Louhan

Pakan yang diberikan pada ikan louhan dapat berupa pakan alami ataupun pakan buatan. Pakan alami yang dapat diberikan yaitu jentik nyamuk atau cuk, kutu air, udang, ulat jerman dan juga cacing. Sebagian dari pakan alami ini kurang higienis maka cuci terlebih dahulu sebelum diberikan ke louhan. Pakan alami ini dapat memberi warna ikan lohan semakin cemerlang.

Sedangkan pakan buatan bisa berupa pelet yang mengandung hormon atau pelet yang mengandung spirulina. Jenis pelet tersebut dapat merangsang pertumbuhan warna louhan menjadi lebih cemerlang dan indah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Budidaya Ikan Louhan Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa