Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Dengan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Dengan Mudah – Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sudah lama dibudidayakan di Indonesia yaitu sekitar tahun 1920an.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Cyprinus
Spesies: C. carpio

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak disukai oleh orang karen atekstur dagingnya yang lembut serta lezat dan mudah dalam melakukan pengolahannya (dapat dijadikan berbagai macam olahan). Karena hal tersebut, Ikan mas bernilai ekonomis tinggi, sehingga memungkinkan jika banyak orang yang ingin membudidayakannya. Ikan mas dapat dibudidayakan di berbagai jenis kolam mulai dari kolam beton, kolam terpl dan kolam yang lainnya. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan mas di kolam terpal.

Cara Budidaya Ikan Mas Dalam Kolam Terpal

Persiapan Kolam Budidaya

Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah mempersiapkan kolam terpal untuk budidaya ikan mas. Membudidayakan ikan mas di kolam terpal perlu memperhitungkan kalkulasi yang tepat antara besar kolam dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan.

Untuk membuat kolam tersebut, anda harus mempersiapkan beberapa bahan diantaranya terpal, kayu/batako/papan atau tanah untuk menahan terpal dan beberapa alat lainnya yang mendukung pembuatan kolam.

Pengisian Air Pada Kolam Terpal

Jika kolam sudah selesai dibuat, selanjutnya, kolam diisi dengan air. Pada seminggu pertama budidaya kondisi air masih stabil, lalu agar pH tetap terjaga lakukan penambahan dan pengurangan air secara berkala. Suhu air yang ideal untuk budidaya ikan adalah sekitar 50°C hingga 310°C.

Pemilihan Bibit Ikan Mas

Untuk dibudidayakan, pilihlah bibit yang berkualitas agar nantinya hasil panen ikan mas-nya pun berkualitas dan maksimal.

Perawatan Ikan Mas

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses perawatan ikan mas ini diantaranya pakan yang diberikan pada ikan mas, karena pakan juga akan mempengaruhi kualitas ikan mas nantinya.

Selain pakan, hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas air kolam, air kolam juga harus diperhatikan kualitasnya jangan sampai buruk dan menyebabkan ikan mudah terserang penyakit dan akhirnya banyak yang mati. Lakukan pergantian air ini secara berkala agar kualitas airnya terjaga dan ikan tidak mudah terserang penyakit.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa