Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Agar Cepat Panen Bagi Pemula

Posted on

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Agar Cepat Panen Bagi Pemula – Ikan Nila adalah salah satu jenis ikan tawar konsumsi. Ikan dengan nama ilmiah Oreochromis niloticus ini memiliki ukuran sedang dengan panjang total sekitar 30 cm. Tubuh ikan ini memiliki tubuh berwarna kehitaman dengan beberapa belang. Bagian sirip, tenggorokan, dan ujung sirip punggung memiliki warna merah, kemerahan atau kekuningan.

Banyak orang yang menyukai ikan ini untuk diolah menjadi berbagai macam olahan makanan seperti ikan goreng, atau dijadikan menu lainnya yang disajikan dengan lalapan.

Dengan melihat peluang usaha yang begitu bagus, kini banyak orang mulai membudidayakan ikan nila  ini, karena selain digemari banyak orang,  ikan nila ini sangat mudah berbiak. Ikan nila dapat dibudidayakan  di berbagai jenis kolam mulai dari kolam tanah, kolam terpal, kolam beton atau jenis kolam lainnya. Nah, jika anda tertarik untuk melakukan budidaya ikan nila, kalian dapat menyimak pembahasan kita kali ini yaitu tentang cara budidaya ikan nila di kolam terpal, berikut selengkapnya.

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Persiapan Kolam Terpal

Pertama tentukan terlebih dahulu lokasi yang akan dibuat kolam terpal untuk budidya ikan nila. Pilihlah lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Jika sudah ditentukan lokasinya, selanjutnya gali tanah sedalam 50 cm. Tanah bekas galian jangan diratakan nantinya dapat dijadikan sebagai tanggul agar kolam terpal menjadi kuat dan tidak mudah rusak kemudian dinberi batu bata.

Jika lubang galian kolam sudah jadi, beri bagian dasar kolam dengan sekam secara merata. Selanjutnya pasang terpal yang telah disiapkan dan tumpangi bagian atas terpal dengan cara di patok atau cara yang lainnya agar nantinya terpal tidak mudah goyah akibat terkena angin atau hujan. Jangan lupa juga untuk membuat saluran pintu air untuk memasukkan air dan mengeluarkan air yang dimana air akan diganti saaat ikan nila berumur beberapa minggu. Pada pintu air diberi saringan sebagai tahapp resensi budidaya ikan nila.

Pengisian Air Kolam, Penebaran Benih Hingga Pemanenan Ikan Nila

Jika kolam sudah siap, selanjutnya isi kolam dengan air bersih dan taburkan benih ikan nila. Benih yang ditebar biasanya berukuran sekitar 12 cm dengan berat 30 gram. Dalam kolam tersebut anda dapat menebarkan ratusan benih ikan. Lakukan pemberian pakan dan perawatan yang baik hingga masa panen ikan nila tiba. Ikan nila dapat mulai dipanen setelah berumur kurang lebih sekitar 6 bulan atau jika ikan mas telah memiliki bobot sekitar 300 grma hingga 500 gram per ekor.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal Agar Cepat Panen Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa