Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara Mulai Dari Pembenihan Hingga Pembesaran

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara (Pearl gourami) Mulai Dari Pembenihan Hingga Pembesaran

Ikan sepat mutiara (Pearl gourami) adalah salah satu jenis ikan sepat yang merupakan ikan hias air tawar anggotasuku gurami. Ikan dengan nama latin Trichogaster leeri ini selain disebut dengan Pearl gourami, ikan ini juga disebut dengan Mosaic gourami ataupun Lace gourami merujuk pada pola warna berbintik yang indah dengan garis hitam yang ada pada tubuhnya.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Osphronemidae
Genus: Trichogaster
Spesies: Trichogaster leeri

Ikan sepat mutiara ini memiliki tubuh pipih dan memiliki moncong yang runcing dan sempit. Ikan sepat mutiara ini memiliki panjang tubuh sekitar 120 mm. Tubuhnya berwarna kebiruan dengan pola bintik berwarna kehijauan atau keperakan seperti mutiara. Pada bagian tengah tubuhnya terdapat garis berwarna hitam yang ada mulai dari ujung mulut hingga pangkal ekornya.  Ikan sepat mutiara dapat ditemukan di rawa-rawa dataran rendah yang memiliki air sedikit asam. Penyebaran ikan ini terdapat mulai dari Indonesia (Sumatera dan Kalimantan), Thailand dan Malaysia. Karena keindahannya ikan sepat mutiara banyak dicari oleh pecinta ikan hias untuk dipelihara, dengan melihat peluang tersebut anda dapat melakukan budidaya ikan sepat ini. Berikut Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara:

A. Pemilihan Indukan Sepat Mutiara
Pemilihan indukan sepat mutiara akan menentukan keberhasilan dalam budidaya ikan sepat ini. Sebelumnya anda harus dapat membedakan antara sepat mutiara jantan dan sepat mutiara betina. Sebenarnya membedakan ikan sepat jantan dan betina sangat mudah, berikut adalah perbedaan ikan sepat mutiara jantan dan ikan sepat mutiara betina:

Ikan Sepat Mutiara Jantan
Memiliki sirip punggung yang panjang dan lancip
Memiliki hiasan merah pada leher dan perut
Ikan Sepat Mutiara Betina
Memiliki sirip yang membulat dan pendek.
Tidak memiliki hiasan merah seperti jantan.

Ikan sepat mutiara yang baik ujntuk dijadkan indukan yaitu ikan yang telah berumur sekitar 7 bulan dan panjangnya telah mencapai sekitar 7,5 cm, ikan sepat tersebut sehat dan tidak cacat.

B. Pemijahan Ikan Sepat Mutiara
Ikan sepat mutiara yang telah dipilih sebagai indukan kemudian dimasukkan dalam akuarium pemijahan. Biasanya setelah beradaptasi maka induk jantan akan membuat sarang berupa gelembung busa yang tidak terlalu tebal dengan luas sekitar 15-20 cm2 dan tidak mau didekati betina.

Setelah selesai membuat sarang barulah jantan mendekati betina dan akan mulai melakukan pemijahan dibawah gelembung busa yang dibuat jantan. Dalam pemijahan ini bisanya betina akan mengeluarkan telur sebanyak sekitar 1000 butir. Jika sudah mengeluarkan telur, maka betina diambil dan dipindahkan ke tempat lain sedangkan jantan dibiarkan bersama dengan telur.

Telur-telur ikan sepat mutiara tersebut akan menetas setelah berumur 2-3 hari, Larva ikan yang baru menetas tidak perlu diberi pakan hingga berumur sekitar 4 hari karena mereka masih memiliki cadangan makanan berupa kuning telur. Setelah itu, ikan sepat mutiara dapat di beri pakan berupa infusoria ataupun jentik nyamuk. Setelah burayak atau anakan ikan berumur sekitar 2 minggu barulah dipindahkan ketempat yang lebih luas.

C. Pembesaran Ikan Sepat Mutiara
Kolam pembesaran ikan sepat mutiara dapat berupa bak yang berukuran 2-4 m2 dengan ketinggian sekitar 40 cm. Kemudian bak tersebut diisi dengan air sumur atau ledeng dan diendapkan selama sehari semalam.

Ikan sepat mutiara diberi pakan berupa rotifera, cacing dan kutu air secara bertahap. Lakukan pula pergantian air secara rutin setiap seminggu sekali secara bertahap.

Labirin akan tumbuh dengan sempurna dan dapat berfungsi setelah 4 minggu. Maka jaga selalu suhu permukaan air dengan suhu air agar benih tidak stres.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Sepat Mutiara Mulai Dari Pembenihan Hingga Pembesaran“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa