Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Mudah Dan Menguntungkan Bagi Pemula

Posted on

Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Mudah Dan Menguntungkan Bagi Pemula

Ikan Sepat siam atau Ikan sepat rawa (Trichogaster pectoralis) adalah salah satu jenis ikan sepat yang merupakan ikan air tawar anggota dari suku gurami atau Osphrobnemidae. Ikan ini dalam bahasa inggris disebut dengan Siamese gourami atau snake skin gouramy, penamaan tersebut merujuk pada pola warna belang yang ada pada sisi tubuhnya.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Osphronemidae
Genus: Trichogaster
Spesies: Trichogaster pectoralis

Sama halnya dengan ikan sepat yang lain, ikan ini banyak ditemukan di rawa, sungai, danau ataupn parit-parit yang berair tenang. Ikan ini berukuran sedang, panjangnya dapat mencapai sekitar 25 cm, ikan ini lebar pipih dengan mulut agak meruncing . Sirip punggung, ekor, sirip dada, dan sirip duburnya berwarna gelap. Ikan yang hidup di alam liar biasanya berwarna perak kusam kehitaman hingga agak hijau pada hampir bagian tubuhnya, kadang bagian tubuh belakang terlihat agak terang berbelang miring.

Ikan sepat siam ini banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi maupun ikan hias dalam akuarium. Ikan sepat siam ini dapat dibiudidayakan di kolamn terpal, tanah atau yang lainnya. Berikut adalah cara budidaya ikan sepat siam:

1. Pemilihan Indukan Ikan Sepat Siam
Ikan sepat siam yang akan dijadikan indukan sebaiknya dipilih yang sehat dan berkualitas. Ikan yang akan dijadikan indukan tidak abnormal, pertumbuhannya relatif jauh lebih cepat dan tentunya telah matang gonad.

2. Persiapan Kolam Budidaya Ikan Sepat Siam
Ikan sepat siam ini dapat dibudidayakan dalam berbagai jenis kolam, mulai dari kolam terpal, kolam beton, kolam tanah dan lain sebagainya. Namun disarankan memilih jenis kolam terpal yang lebih mudah. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya sepat siam dalam kolam terpal:

  • Pertama, buatlah lubang untuk kolam dengan ukuran lebar sekitar 3 hingga 5 meter , panjangnya sekitar 8 hingga 10 cm dengan kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter. Selanjutnya siapkan dan pasang media terpal dengan ukuran sesuia denga kolam yang telahg disiapkan sebelum.
  • Sebelum bibit ikan dimasukkan dalam kolam, sebaiknya terpal kolam dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan larutan air garam atau bisa juga menggunakan insektisida untuk menghindari bibit terserang berbagai penyakit. Lalu diamkan selama sekitar 2 hingga 3 hari.
  • Selanjutnya, isikan air dalam kolam dengan ketinggian sekitar 30 cm hingga 40 cm (jangan terlalu penuh).
  • Jika sudah, masukkan bibiit ikan sepat siam ke dalam kolam yang sudah disiapkan. Dalam setiap kolam diisi ikan sepat sebanyak 50-100 ekor saja.

3. Pemeliharaan Ikan Sepat Siam
Pemeliharaan ikan ini dapat dilakukan dengan cara melakukan sanitasi kolam dengan baik, lakukan pemberian pakan secara teratur sebanyak 2 kali sehari, lakukan pula pergantian air secara berkala yaitu 2-3 minggu sekali.

4. Pemanenan Sepat Siam
Ikan sepat siam dapat dipenen setelah berumur sekitar 3-4 bulan. Pemenenan ikan sepat siam ini baik dilakukan pada pagi dan sore hari. Cara pemanenan dapat dilakukan dengan cara menguras air dalam kolam tersebih dahulu atau menjaring ikan secara bertahap. Setelah pemenan anda dapat menjual ikan tersebut sebagai ikan konsumsi ataupun ikan hias dalam akuarium.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Sepat Siam Yang Mudah Dan Menguntungkan Bagi Pemula”, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa