Cara Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal Dengan Mudah, Keuntungan Melimpah

Posted on

Cara Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal Dengan Mudah, Keuntungan Melimpah Bagi Pemula – Ikan Sidat (Anguilla sp.)adalah jenis ikan yang memiliki tubuh seperti ular dengan lendir pada seluruh bagian tubuhnya. Sidat termasuk dalam ordo Anguillidae dengan sekitar 21 spesies baik yang hidup di air laut maupun air tawar.

Ikan sidat ini memiliki rasa yang gurih dan enak, jadi tak heran jika Sidat (Anguilla sp.) merupakan salah satu komoditas andalan perikanan yang masih belum banyak dibudidayakan. Padahal permintaan ekspor Sidat sangat tinggi mulai dari negara Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong China hingga negara-negara di Amerika dan Eropa. Sehingga ikan sidat dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya ikan sidat di kolam terpal.

Cara Budidaya Sidat Di Kolam Terpal

Persiapan Kolam Terpal Budidaya

Kolam terpal untuk budidaya disiapkan terlebih dahulu. Ukuran kolam terpal yang disiapkan yaitu 2 m x 7 m x 0,7 m. Karena habitat sidat di sungai, maka untuk membuat air mengalir dengan lancar dalam kolam diberi pompa. Dalam budidaya ikan sidat ini di kolam terpal, sebaiknya buat kolam dengan kedalaman 40 cm dengan menamahkan pompa udara yang mempunyai 12 lubang.

Pakan Sidat

Pakan ikan sidat biasanya adalah Cacing tanah, Pelet berprotein lebih dari 40% baik yang tenggelam maupun apung, Udang dan kepiting kecil hidup.

Panen Ikan Sidat

Ikan sidat yang dibudidaya dalam kolam terpal mempunyai masa panen yang cukup lama yaitu sekitar 2 tahun apabila ikan sidat tersebut untuk diekspor ke Jepang. Sedangkan ikan sidat yang akan diperjual belikan di dalam negeri hanya membutuhkan waktu sekitar 1 tahun hingga 1,5 tahun.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Sidat Di Kolam Terpal Dengan Mudah, Keuntungan Melimpah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa