Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Dengan Mudah Lengkap

Posted on

Panduan Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Dengan Mudah Lengkap

Ikan Zebra (Zebra, Zebra Danio, Striped Danio) adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati oleh pecinta ikan hias untuk dipelihara. Ikan Zebra ini berasal dari perairan Coromandel, Calcuta, hingga Massulipatan, kawasan timur India. Ikan zebra ini kecil dengan ukuran sekitar 5 cm, walau kecil ikan zebra tergolong ikan yang gesit dan lincah. Walau bernama zebra namun warnanya tida seperti zebra. Warna ikan ini yaitu hijau kecokelatan dengan garis-garis yang kontras melintang pada tubuhnya dari leher hingga sirip.

Klasifikasi Ilmiah
Ordo : Ostariophysodei
Sub-ordo : Ciprinoidea
Famili : Cyprinidae
Genus : Bracydanio
Spesies : Bracydanio rerio.

Ada berbagai jenis ikan zebra ini, berikut adalah jenis-jebis ikan Zebra yang ada diantaranya: Zebra Danio, Long fin Zebra danio, Long fin ghost zebra danio, Golden zebra danio, Long fin Golden Zebra danio, Metallic pink zebra danio, Metallic marble zebra danio, Metallic blue zebra danio dan lain sebagainya. Namun bagi kalangan pecinta ikan hias, jenis ikan zebra yang dikenal yaitu Zebra rintik, Zebra biasa, Zebra albino dan juga Zebra slayer, Zebra merah atau Red Zebra / Pink Zebra.

Karena memiliki banyak peminat, banyak orang kini melakukan budidaya ikan zebra ini. Berikut adalah cara budidaya ikan Zebra:

A. Memilih Indukan Ikan Zebra
Sebelum melakukan budidaya dan melakuka pemijahan ikan zebra, anda harus dapat membedakan antara ikan zebra jantan dan ikan zebra betina. Ikan zebra jantan dan betina memiliki perbedaan yaitu ikan zebra jantan memiliki warna tubuh yang lebih kuning sedangkan ikan betina berwarna kusam namun badannya lebih besar dari jantan.

Indukan yang ideal untuk dipijahkan adalah ikan zebra yang berumur sekitar 7 bulan dengan panjang tubuh sekitar 4 cm. Dan sebelum dipijahkan, ikan diberi pakan berupa makanan yang memiliki kadar lemak yang sedikit seperti jentik nyamuk.

B. Persiapan Tempat Pemijahan Ikan Zebra
Sama dengan jenis ikan hias lain, ikan zebra ini dapat di pijahkan dalam akuarium ataupun bak semen, akuarium ini digunakan untuk melakukan pemijahan secara berpasangan sedangkan bak semen untuk pemijahan secara massal.

Apabila menggunakan akuarium maka ukuran akuarium yang digunakan yaitu sekitar 20 cm x 20 cm dengan kedalaman sekitar 40 cm. Apabila menggunakan bak semen maka ukuran bak semen di buat sekitar 1 m x 1 m dengan kedalaman sekitar 25 cm – 30 cm.

Akuarium atau bak semen tersebut kemudian diberi air jernih dan diendapkan selama sehari semalam. Air yang digunaka setidaknya memiliki kesadahan sekitar 20°C-24°C. Bagian dasar akuarium atau bak semen diberi batu-batu kecil dan bagian pemrmukaannya diberi tanaman air sepertu apu-apu atau yang lainnya.

c. Pemijahan Ikan Zebra
Ikan zebra yang telah dipilih untuk dijadikan indukan, selanjutnya dimasukkan dalam akuarium atau bak semen pemijahan yang telah diisi air dengan ketinggian sekitar 15 cm – 20 cm. Ikan zebra biasanya akan sembarangan meletakkan telurnya pada bagian dasar. Jika telur sudah dikeluarkan induk maka segera pindahkan indukan agar nantinya telur dimakan indukan.

D. Perawatan Ikan Zebra
Telur-telur yang telah dibuahi akan berubah menjadi larva burayak pada 4 hari setelah telur dikeluarkan induk. Setelah berumur 3 hai burayk dapat diberi pakan berupa rotifera, cacing sutera ataupun kutu air. Paan tersebut diberikan sesuai dengan ukuran mulut yang dimilikinya.

Lakukan penggantian air secara rutin yaitu setiap 3 hari sekali. Pergantian air tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk mencegah tumbuhnya penyakit maka dalam tempat pemeliharaan tersebut diberi 2 tetes larutan 5% Methelene Blue.

Setelah satu bulan, ikan zebra dapat dipisahkan atau dibagi-bagi ke tempat yang lebih luas atau bisa langsung dijual. Namun umur jual yang paling ideal minimal berumur 3 bulan (berukuran M)tapi jika ingin harganya lebih mahal maka tunggu hingga ukurannya L.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Ikan Zebra Danio Dengan Mudah Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa