Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Manis Organik Agar Cepat Panen Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Manis Organik Agar Cepat Panen Bagi Pemula – Jagung Manis (Zea Mays Saccharata) adalah salah satu jenis jagung yang banyak digemari masyarakat. Jagung manis ini lebih mudah dikonsuimsi, cukup dengan direbus atau dibakar. Jagung ini juga baik bagi orang yang menjalani gaya hidup sehat karena rendah kalori.

Nah kali ini kita akan membahas cara budidaya jagung manis organik. Berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Jagung Manis Organik

Syarat Tumbuh Jagung Manis

Tanaman jagung manis dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian sekitar 3000 mdpl serta tanam lahan yang digunakan untuk membudidayakan jagung manis mengandung unsur hara seperti kalium, nitrogen dan fosfat yang tinggi dan tanah memiliki pH sekitar 5-8.

Persiapan Bibit Jagung Manis

Benih bibit jagung manis harus dipilih yang sehat, tidak mengandung penyakit dan berkualitas. Karena pemilihan bibit tersebut ajab berpengaruh pada hasil budidaya nantinya.

Persiapan Lahan Tanam Jagung Manis

Bersihkan lahan tanam dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya, gemburkan tanah dengan cara dicangkul lalu diamkan selama sekitar 5-7 hari.

Jika lahan tanam memiliki kadar asam atau pH tanah yang tinggi yaitu kurang dari 5 maka lakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit. Selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang.

Jika lahan tanam lahan bekas sawah maka dapat dilakukan penanaman langsung namun pastikan lahan tersebut memiliki sistem drainase yang baik. Atau bisa juga dengan membuat bedengan terlebih dahulu.

Buatlah bedengan dengan ukuran sekitar 1 meter untuk lebarnya dan 20-30 cm untuk panjangnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan cara ditugal sedalam 5 cm. Buat jarak antar lubang tanam sekitar 50-70 cm agar nantinya jagung dapat tumbuh dengan baik.

Cara Menanam Jagung Manis

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan 1-2 benih jagung manis ke dalam lubang tanam yang telah dibuat. Lalu tutup lubang tanam dengan pupuk kompos dan lakukan penyiraman secukupnya. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan.

Cara Merawat tanaman Jagung Manis

Jika ada tanaman yang mati atau tidak tumbuh dengan baik maka segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan bibit lain agar tanaman jagung tetap tumbuh seragam, penyulaman ini setidaknya dilakukan seminggu setelah tanam.

Lakukan pula penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman jagung. Bersamaan dengan penyiangan, lakukan pula pembubunan atau menaikan tanah yang turun akibat air hujan atau penyiraman ke bedengan kembali.

Penyiraman dapat dilakukan beberapa hari sekali, namun jika pada musim kemarau maka perhatikan, jika tanah kering maka lakukan penyiraman.

Sete;ah tanaman jagung berumur 2 bulan maka lakukan pemupukan susulan. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang.

Masa Panen Jagung Manis

Pemanenan jagung manis dapat dilakukan setelah jagung berumur sekitar 65-75 hari. Cara memanen jagung nais ini cukup dengan memutar tongkol jagung. Jika sudah dipanen, jagung dapat dikonsumsi dan batang dan daunnya dapat dijadikan pakan ternak.

Demikian artiklel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Jagung Manis Organik Agar Cepat Panen Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa