Cara Budidaya Jati Putih Unggulan "Peluang Bisnis Menjanjikan"

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Jati Putih Dan Budidaya Jati Putih Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”

Jati (Tectona grandis) adalah salah satu jenis pohon penghasil kayu yang bermutu tinggi. Pohon ini memiliki ukuran besar, memiliki batang lurus, serta dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 30 meter-40 meter.

Jati termasuk dalam jenis kayu yang memiliki kualitas tinggi, dan banyak diminati orang untuk membuat furniture rumah ataupun yang lainnya. Banyak orang yang mulai mencoba menanam atau membudidayakannya karena menanam atau membudidayakan pohon jati dapat dijadikan prospek usaha yang menjanjikan. Kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya jenis jati putih atau yang memiliki nama ilmiah Gmelina arborea, tanaman jati putih sendiri berasal dari kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia tanaman jati putih banyak ditanam di daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Klasifikasi ilmiah Jati Putih
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Verbenaceae
Genus: Gmelina
Spesies: Gmelina arborea

Berikut adalah cara budidaya tanaman jati putih :

a. Cara Budidaya dan Pemelihaan Tanaman Jati Putih
Dalam melakukan budidaya tanaman jati putih milai dari proses tanam hingga proses pemeliharaan pastilah membutuhkan kesabaran yang tinggi, karena melakukan bisnis atau usaha budidaya tanaman ini berbeda dengan bisnis atau usaha yang lain yang mungkin akan lebih cepat mengembalikan modal awal usaha. Jika melakukan usaha budidaya tanaman jati putih kita perlu menunggu paling cepat 7 tahun hingga 15 tahun untuk dapat mengembalikan modal awal.

Tapi 15 tahun merupakan waktu yang cukup singkat untuk melakukan pemanenan tanaman jati putih ini, karena pada zaman dahulu dibutuhkan sekitar 40 tahun hingga 50 tahun untuk dapat memanennya menjadi tanaman industri perkayuan. Tapi sebenarnya, semakin tua usia tanaman jati saat akan di panen kualitas kayu yang dihasilkan akan lebih baik.

b. Persiapan Lahan Tanam Jati Putih
Terdapat berbagai jenis tanaman jati, salah satunya adalah jati putih. Berbeda dengan jenis jati yang lain, Jati putih memiliki ciri yang khas yaitu warna kayu yang dimilikinya berwarna pucat, lebih kuning sampai krem.

Sebelum melakukan penanaman, kita perlu mempersiapkan lahan tanam terlebih dahulu. Lahan tanam yang baik untuk menanam tanaman jati putih ini adalah daerah dataran rendah yang memiliki curah hujan sekitar 1000 mm per tahun hingga 1200 mm per tahunnya, memiliki tanah yang bertektur lempung, lempung berpasir, atau liat berpasir dengan prioritas tanah berkapur. Lahan tanam yang akan digunakan untuk budidaya tanam jati putih harus memiliki tanah yang tidak mudah tergenang oleh air atau bisa dibilang gampang becek karena tanaman jati tidak dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki kondisi terlalu banyak air.

c. Penentuan Sistem Drainase dan Pencegahan Hama Penyakit Tanaman Jati Putih
Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penanaman adalah sistem drainase, sistem drainase haruslah baik. Setelah memilih lahan tanam selanjutnya perhatikan cara tanam jati putih, buatlah jarak tanam yang ideal yaitu sekitar 3 m x 3m sampai dengan 8m x 8m, setelah jarak tanam telah ditentukan selanjutnya buatlah lubang tanam. Setelah penanaman hal yang dilakukan adalah melakukan perawatan pada tanaman diantaranya melakukan penyiangan atau pencabutan pada gulma atau tanaman pengganggu yang ada disekitar tanaman dan juga penyemprotan insektisida secara rutin untuk mencegah tanaman terserang hama penyakit namun penyemprotan tersebut jangan berlebihan.

d. Pemberian Pupuk Pada Tanaman Jati Putih
Tanaman jati putih, perlu diberi pupuk untuk membantu memenuhi kebutuhan zat hara. Pupuk yang diberikan pada tanaman jati putih berupa pupuk Urea atau pupuk NPK, pemupukan tersebut dilakukan secara berkala yaitu setiap dua bulan sekali dalam waktu 2 tahun. Pupuk tersebut diberikan dengan dosis yang sesuai dan pastikan sesuai dengan kondisi tanah lahan tanam.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Jati Putih Unggulan “Peluang Bisnis Menjanjikan”“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa