Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Madu Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Madu Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah Lebat – Jeruk Madu adalah salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa manis yang tinggi dan sedikt masam. Jeruk madu ini memiliki bentuk bulat dan berukuran besar dengan warna bulir sedikit kemerahan.

Karena rasanya banyak orang yang menggemari jeruk ini bahkan ada yang membudidayakan jeruk madu ini. Berikut cara selengkapnya:

Cara Budidaya Jeruk Madu

Syarat Tumbuh Jeruk Madu

Pilihlah lokasi tanam yang stategis, mudah dijangkau dan dekat dengan sumber air. Lokasi tanam memiliki tanah lempung berpasir dengan fraksi liat 7-27%, debu 25-50%, cukup humus dan kondisi udara yang baik namun jenis tanah yang baik untuk menanam jeruk madu yaitu tanah andasol san latosol dengan pH sekitar 5-6. Suhu yang ideal untuk menanam jeruk madu yaitu 25-30 derajat celcius.

Persiapan Bibit Jeruk Madu

Jeruk madu dapat diperbanyak secara generatif melalui biji dan vegetatif melalui sambung tunas pucuk, dimana bibit sambung pucuk jeruk madu dapat diperoleh dengan membelinya di toko bibit.

Cara mempersiapkan bibit jeruk madu dari biji dilakukan dengan cara mengambil biji dari jeruk madu yang sudah matang dan tua, lalu biji tersebut dikeringkan selama 2-3 hari. Setelah itu, semai biji di polybag yang telah berisi media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Jika bibit sudah mencapai ketinggian 30-50 cm, bibit jeruk madu dapat dipindah tanamkan.

Jika anda membeli bibit jeruk madu, maka pilih bibit yang bebas dari penyakit, mirip dengan induknya, subur, berdiameter 2-3 cm, permukaan batang halus, akar serabut banyak dan akar tunggang berukuran sedang.

Penanaman Jeruk Madu

Bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya maupun sampah yang ada disekitar lahan, kemudian gemburkan tanah pada lahan dengan cara membalik tanah dan menggalinya menggunakan cangkul. Tanah bekas galian lubang dicampur dengan pupuk kandang dan buatlah bedengan berukuran 1 x 1 x 1 meter lalu buatlah lubang tanam dengan jarak sekitar 30 cm.

Jika sudah siap, segara lakukan penanaman. Tanam bibit pada lubang tanam dan jangan lupa pasang mulsa plastik guna menghindari busuk batang.

Perawatan Tanaman Jeruk Madu

Lakukan penyulaman pada tanaman jeruk madu yang yang tidak tumbuh dan ganti dengan bibit yang baru agar tanaman tumbuh serempak.

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya, bersama penyiangan lakukan pula pembubunan. Lakukan pula pemangkasan pada pucuk atau dahan yang sudah tidak prosuktif untuk meregenerasi sel tumbuhan dengan baik.

Jika sudah berbuah, maka lakukan penjarangan buah agar pertumbuhan jeruk madu dapat optimal.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman jeruk madu terpenuhi, maka lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk urea, Za, TSP, ZK, Dolomit dan pupuk kandang secara bersamaan. Lakukan pula penyiraman secukupnya saja jangan sampai menggenang.

Masa Panen Jeruk Madu

Pemanenan jeruk madu dapat dilakukan setelah setelah buahbuh masak optimal dengan umur sekitar 28-36 minggu. Pemanenan dilakukan dengan menggunting tangkai buahnya dengan menggunakan gunting.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Madu Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa