Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Mandarin Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Mandarin Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Lebat – Jeruk mandarin adalah salah satu jenis jeruk yang masih tergolong dalam jeruk keprok. Jeruk ini memiliki rasa yang juicy, manis dan segar. Selain itu, jeruk mandarin juga kaya akan kandungan Kerotenoid dan Vitamin A yang tinggi. Jeruk Mandarin ini awalnya ditemukan di China dan Asia Tenggara.

Menurut riset, jeruk mandarin memiliki khasiat dan manfaat diantaranya seperti dapat membantu menurunkan risiko kanker hati, pengerasan pembuluh daeah dan resistensi insulin.

Ciri-ciri jeruk mandarin yaitu memiliki buah yang cukup besar dan berkulit tebal dengan bentuk seperti bola yang penyok, berat jeruk mandarin berkisar antara 2-3 ons/buah. Pohin jeruk mandarin dapat tumbuh hingga ketinggian 3-5 meter jika ditanam pada lahan dan sekitar 2 meter jika ditanam dalam pot.

Cara Budidaya Jeruk Mandarin

Persiapan Bibit Jeruk Mandarin

Bibit jeruk mandarin dapat diperoleh dari biji maupun cangkok. Jika melalui biji, maka biji direndam selama semalaman. Setelah biji direndam, biji jangan langsung di semai tapi di kupas atau dibuang kulit luarnya terlebih dahulu. Setelah itu, semai biji jeruk mandarin di polibag tanam dengan media semai berupa pupuk dan tanah. Atau bisa juga disemai dengan media tisu yang sudah dibasahi.

Persiapan Lahan Tanam Jeruk Mandarin

Lahan yang akan dijadikan lahan tanam jeruk mandarin dapat dilakukan pengolahan lahan terlebih dahulu. Bersihkan gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di lahan tanam.

Selanjutnya, buatlah lubang tanam yang sesuai dengan lingkaran akar jeruk mandarin. Contohnya, jika diameter bibit jeruk mandarin sekitar 30 cm2 maka lubang tanam dibaut dengan diameter 35 cm2.

Jika lubang tanam sudah siap, selanjunya masukkan pupuk organik (pupuk kandang) ke dalam lubang tanam sesuai kebutuhan. Misalnya jika bibit berukuran tinggi 50 cm maka pupuk yang digunakan sebanyak 0,5 liter. Apabila pupuk sudah dimasukkan dalam lubang tanam, selanjutnya berikan pengairan pada lubang tanam dan hancurkan pupuk kandang tersebut agar lebih mudah diserap.

Cara Menanam Jeruk Mandarin

Jika lubang tanam sudah siap, maka segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag dari bibit jeruk mandarin, lalu masukkan ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Letakkan dengan posisi tegak lalu timbun kembali dengan tanah galian yang sudah dicampur dengan pupuk organik lalu padatkan. Setelah itu, lakukan penyiraman.

Cara Merawat  Jeruk Mandarin

Lakukan Penyiraman seminggu sekali secukupnya saja jika tidak ada hujan. Lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk organik ataupun pupuk anorganik. Selain itu, lakukan pula pemangkasan untuk menghilangkan cabang atau dahan pohon yang rusak atau mati serta membentuk batang sesuai keinginan. Pemangkasan tersebut dapat dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam setahun.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Jeruk Mandarin Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah dan Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa