Cara Budidaya Jeruk Nipis Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Sukses Bagi PemulaJeruk Nipis (Citrus aurantifolia) adalah salah satu tumbuhan buah yang berasal dari suku Rustaceae atau jeruk-jerukan. Pohon pada jeruk nipis dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 3 hingga 6 meter dengan cabang berduri dengan jumlah yang banyak, bentuk daunnya lonjong dengan tangkai bersayap kecil, bunganya kecil dan memiliki bau yang harum, serta buahnya memiliki bentuk bulat atau lonjong, pada bagian ujung agak meruncing, warna buahnya hijau kekuningan, kulit buahnya agak tebal dan sulit jika dibuka langsung, daging buahnya tebal dan tidak serabut, bentuk bijinya bulat oval serta memiliki rasa asam. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya jeruk nipis, berikut selengkapnya:

Cara Budidaya Jeruk Nipis

Persiapan Lahan Tanam Jeruk Nipis

Lahan yang akan digunakan untuk menanam budidaya jeruk nipis disiapkan terlebih dahulu, Tanaman pengganggu atau gulma dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, tanah lahan tanam diolah terlebih dahulu dengan cara dicangkuli hingga gembur. Jika sudah, selanjutnya buatlah lubang tanam sedalam 50 cm dengan jarak antar lubang tanam yaitu sekitar 6 meter x 6 meter. Setelah lubang tanam siuap selanjutnya lakukan pemupukan dasar pada lubang tanam dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Persiapan Bibit Jeruk Nipis

Bibit yang akan ditanam adalah bibit cangkok atau bibit stek. Bibit jeruik nipis tersebut dapat kalian beli di toko tanaman. Jika semuanya sudah siap, lakukan tanam bibit pada lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Perawatan Tanaman Jeruk Nipis

Adapun perawatan yang dilakukan pada tanaman jeruk nipis antara lain:

Penyulaman
Jika ada tanaman yang mati, segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tanaman yang baru.

Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman jeruk nipis agar nantinya pertumbuhan tanman jeruk nipis tidak terganggu.

Penyiraman
Lakukan penyiraman secara teratur yaitu setiap seminggu sekali. Penyiraman tersebut jangan sampai menggenang..

Pemupukan
Pemupukan ini dilakukan agar pertumbuhan tanman jeruk lebih baik. Pemupukan jeruk nipis ini dilakukan sebanyak dua kali. Pertama saat pengolahan lahan, pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik. Pemupukann kedua dilakukan saat tanaman sudah tumbuh besar dengan menggunakan pupuk TSP, dolomit,ZA, Urea dan pupuk kandang dengan dosis yang berbeda setiap bulan.

Pemangkasan
Ini merupakan tahapan akhir pemeliharaan yang dilakukan sebelum masa panen tiba. Pemangkasan ini dilakukan pada daun atau bagian tanaman yang sakit agar tidak menular ke bagian yang lainnya dan kualitas jeruk tetap terjaga.

Demikian artikel tentang”Cara Budidaya Jeruk Nipis Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa