Cara Budidaya Kelinci Anggora Dengan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ternak Kelinci Anggora Dengan Mudah Bagi Pemula

Banyak sekali jenis kelinci yang ada di dunia seperti Kelinci Anggora, Kelinci Flemish Giant, Kelinci lop, Kelinci Dutch, Kelinci Rex, Kelinci Lion Head, Kelinci English Spot, Kelinci Himalayan, Kelinci New Zealand dan masih banyak lagi. Semua jenis kelinci tersebut adalah kelinci yang sering dipelihara yang biasanya diternakan dengan tujuan untuk hiasan, diambil dagingnya atau berbagai tujuan lainnya. Salah satu kelinci yang banyak dipelihara adalah kelinci anggora.

Kelinci Anggora adalah salah satu jenis kelinci hias yang berasal dari Turki tepatnya di Ankara. Kelinci anggora memiliki bulu yang tebal lembut dengan bagian kaki depan dan ujung telinga hanya ditumbuhi bulu-bulu halus. Kelinci anggora pun memiliki banyak variasi warna bulu seperti coklat, putih, hitam, abu-abu dan lainnya. Kelinci jenis ini pula memiliki banyak jenis seperti Satin anggora, German anggora, Chinese anggora, French anggora, dan sebagainya.

Karena menggemaskan, banyak orang yang memelihara bahkan membudidayakannya. Melakukan budidaya kelinci Anggora ini memang tidak muda dan membutuhkan ketelatenan serta keuletan agar nantinya dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Berikut adalah cara budidaya Kelinci Anggora:

Cara Budidaya Ternak Kelinci Anggora

a. Pemilihan Bibit Indukan Kelinci Anggora
Dalam melakukan ternak kelinci anggora perlulah memilih calon indukan baik yang jantan maupun betina yang berkualitas atau unggul, Calon indukan tersebut dapat anda dapatkan dengan membelinya di peternak kelinci anggora. Pilihlah calon indukan kelinci anggora yang memiliki produktivitas tinggi dan tentunya sehat. Kelinci yang sehat memiliki ciri-ciri : kelinci memiliki mata yang tampak bersinar dan selaput matanya bersih tidak ada kotoran (jangan pilih kelinci yang memiliki mata lengket, berair dan basah karena itu mendakan kelinci tersebut sakit),serta memiliki punggung tidak terlalu kurus dan tampak berisi.

b. Persiapan Kandang Ternak Kelinci Anggora
Kandang adalah salah satu hal terpenting yang perlu disiapkan sebelum melakukan ternak kelinci anggora ini. Untuk ukuran kandang ternak kelinci anggora, anda dapat menyesuaikan dengan keinginan anda dan jumlah kelinci yang akan anda ternakan. Namun sebaiknya kandang untuk ternak kelinci anggora ini memiliki ukuran yang luas atau lapang agar kelinci anggora lebih leluasa untuk bergerak, memiliki sirkulasi udara yang baik dan juga terlindung dari matahari dan juga hujan. Lokasi pembuatan kandang sebaiknya steril dari pemangsa atau jauh dari keramaian.

c. Perawatan Kandang Ternak
Lakukan perawatan terhadap kandang, perhatikan kebersihan kandang. Lakukan pembersihan kandang setiap hari agar kebersihan tetap terjaga dan juga kelinci anggora yang diternakan tidak mudah terserang penyakit dan bulu kelinci anggora tersebut tetap terjaga kualitasnya.

d. Pemberian Pakan
Pakan yang diberikan untuk kelinci anggora sebaiknya pakan berupa sayuran namun tidak bergetah seperti kangkung, wortel, rumput lapang atau yang lainnya yang penting bukan pakan yang terlalu banyak mengandung air seperti sawi putih. Pakan yang diberikan sebaiknya dalam keadaan layu. Selain sayuran, kelinci anggora juga dapat diberi pakan berupa ubi jalar, pelet, atau pakan lainnya yang penting pakan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci anggora.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Kelinci Anggora Dengan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa