Panduan Lengkap Cara Budidaya Leci "Buah Harum dan Manis" Dengan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Leci “Buah Harum dan Manis” Dengan Mudah

Leci atau Lici adalah jenis buah-buahan dari genus Litchi yang masuk dalam suku lerak-lerakan (Sapindaceae). Pohon buah ini tumbuh di iklim tropis. Buah ini umumnya ditemukan di Tiongkok, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Buah leci memiliki bau wangi dan manis.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Litchi
Spesies: L. chinensis

a. Syarat Tumbuh
Leci tumbuh dengan baik di daerah dingin dengan ketinggian lebih dari 700 m di atas permukaan laut, curah hujan yang tinggi sekitar rata-rata 2.000 mm per tahun dan suhu udara yang baik adalah sekitar 9°C-19°C  selama musim hujan dan 25°C-33°C selama musim kemarau. Jenis tanah yang cock untuk menanam leci yaitu tanh yang gembur berhumus banyak.

b. Persiapan Lahan Tanam
Lahan untuk budidaya leci diolah terlebih dahulu. Tanah lahan digemburkan dengan cara di bajak atau di cangkul sedalam 30 cm. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 60 cm x 60 cm x 60 cm. Tanah galian bagian bawah dan atas dipisahkan . Lubang tanam kemudian di diamkan selama sekitar 2 minggu agar gas beracun menguap dari tanah. Selanjutnya, tanah galian bagian bawah dikembalikan ke lubang. Tanah galian bagian atas dicampur dengan pupuk kandang dan dikembalikan kembali ke lubang tanam.

c. Persiapan Bibit Leci
Bibit leci yang baik untuk dibudidayakan yaitu berumur sekitar 1 tahun hingga 1,5 tahun, memiliki pertumbuhan yang sehat dan normal, dan ukuran seragam. Jika lahan seluas 1 hektar dengan jarak tanam 14 m x 14 m atau 12 m x 12 m, dibutuhkan sekitar 50 sampai 70 batang bibit leci.

d. Penanaman Leci
Setelah semua siap, selanjutnya lakukan penanaman. Lepaskan polybag dari bibit kemudian masukkan bibit dalam lubang tanam yang telah dibuat dan timbun kembali dengan tanah lalu padatkan. Beri penyangga setinggi 50 cm – 150 cm di dekat pangkal batang agar bibit tidak mudah roboh saat terkena angin. Setelah selesai tanam lakukan penyiraman secukupnya saja.

e. Penyiraman Tanaman Leci
Penyiraman atau pengairan pada tanaman leci dilakukan secara teratur sebanyak 1-2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari, terutama saat tidak turun hujan. Ketika tanaman memasuki usia dewasa penyiraman dapat dikurangi secara bertahap, namun dengan melihat dan memperhatikan pertumbuhan tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Leci “Buah Harum dan Manis” Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa