Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Gedong Gincu Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Gedong Gincu Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Mangga atau mempelam (Mangifera indica) adalah nama buah sekaligus pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang memiliki sekitar 35-40 anggota.

Buah mangga termasuk kedalam kelompok buah batu (drupa) yang berdaging dengan memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada spesiesnya, mulai dari bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang  dengan panjang buah berkisar antara 2,5-30 cm. Kulit buah mangga agak tebal berbintik kelenjar berwarna hijau, kekuningan atau kemerahan saat masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat.

Klasifikasi Mangga
Kerajaan: Plantae
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: Mangifera indica

Ada banyak jenis buah mangga diantaranya mangga gedong gincu, mangga arumanis, mangga apel, mangga golek, mangga madu dan lain sebagainya.

Mangga Gedong Gincu adalah jenis buah mangga yang banyak dikembangkan di Majalengka juga Cirebon, Jawa Barat. Buah mangga jenis ini memiliki kulit dengan kombinasi dari warna oranye, merah, sedikit warna hijau dan kuning. Daging buah jenis mangga ini mengandung banyak air dengan rasa manis sedikit asam. Selain itu, mangga gedung gincu ini memiliki aroma wangi yang menggoda.

Mangga gedong gincu ini sangat diminati banyak orang baik pasar lokal maupun internasional seperti jepang dn tiongkok. Karena memiliki prospek yang sangat baik, banyak orang yang tergiur untuk menanam atau budidaya mangga gedong gincu ini. Berikut cara budidaya mangga gedong gincu:

Cara Budidaya Mangga Gedong Gincu

Syarat Tumbuh Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu ini baik ditanam di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0-500 meter diatas permukaan laut; memiliki curah hujan sekitar 1000 mm/tahun dengan 3-6 bulan kering; memiliki suku optimum sekitar 24-27 derajat celcius serta tanah memiliki pH atau derajat keasaman sekitar 5,5-6,5. Kebutuhan sinar matahari sangat krusial untuk hasil yang maksimal.

Persiapan Bibit Mangga Gedong Gincu

Bibit mangga gedong gincu ini dapat diperoleh melalui biji, biji tersebut dipilih dari buah yang berkualitas setelah itu semai hingga bertunas. Penyemaian tersebut dapat dilakukan melalui dua cara yang berbeda yaitu metode pengeringan atau metode perendaman:

Metode Pengeringan

  • Keringkan biji dengan kertas tisu dan letakkan di tempat yang cerah dan kering selama sekitar 3 minggu.
    Setelah 3 minggu berlalu, cobalah untuk membuka benih setengah tanpa benar-benar mematahkannya menjadi dua. Bagiannya hanya perlu sedikit terpisah. Setelah tercapai, biarkan selama seminggu lagi.
  • Dalam wadah, tempatkan tanah yang subur. Gali lubang kecil sekitar 8 inci, dan tanam biji mangga Anda dengan pusar biji ke bawah lalu dorong benihnya.
  • Tergantung pada tanah, sirami saat kering atau setiap hari.
  • Dalam waktu 4-6 minggu, bibit akan tumbu dengan ketinggian sekitar 10-20 cm.
  • Setelah bibit tumbuh cukup besar di tempat ia telah membentuk sistem akar yang kuat dan sehat, Anda dapat memindahkannya ke pot yang lebih besar atau di luar ruangan.

Metode Perendaman

  • Pecahkan kulit luar biji hanya sedikit dengan amplas atau buat potongan kecil ke dalam biji mangga.
  • Tempatkan benih dalam botol dengan air dan simpan di tempat yang hangat selama 24 jam.
  • Keluarkan benih dari botol dan bungkus dengan handuk kertas basah. Tempatkan benih yang dibungkus dengan handuk kertas di dalam kantong plastik dan potong satu sudut dari kantong.
  • Biarkan handuk basah dengan penyiraman secara teratur dan biji mangga akan tumbuh dalam 1-2 minggu.
  • Simpan benih di tempat yang hangat dan lembab.

Tapi jika anda tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit mangga gedong gincu siap tanam di toko tanaman atau toko bibit.

Persiapan Lahan Tanam Mangga Gedong Gincu

Pertama, bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu buatlah lubang tanam dengan kedalaman 30 cm dengan jarak tanam sekitar 5 x 5 meter. Diamkan lubang tanam selama sekitar satu bulan.

Penanaman Mangga Gedong Gincu

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Tanah bekas galian lubang dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Masukkan campuran media tanam tersebut kedalam lubang hingga sepertiga bagian lalu masukkan bibit ke dalam lubang lalu timbun kembali dan sedikit padatkan lalu lakukan penyiraman secukupnya.

Pemeliharaan Tanaman Gedong Gincu

Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari jika hujan tidak turun. Setelah tanaman berumur 4-5 tahun, tidak perlu lagi dilakukan penyiraman agar tanaman teransang untuk berbunga terutama pada bulan mei hingga juni. Jika bunga sudah muncul, pohon dapat disiram kembali agar buah yang dihasilkan optimal.

Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya, penyiangan tersebut dapat dilakukan secara manual menggunakan tangan atau alat atau bisa juga secara kimia dengan menggunakan pestisida.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman mangga gedong gincu terpenuhi, maka perlu dilakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang, kompos, NPK, Urea, KCI, dan Super Nasa. Biasanya pupuk diberikan dengan cara memasukkannya pada lubang yang dibuat di dekat tanaman dengan dosis 30-40 kg dan pemberian pupuk tersebut dilakukan setiap 2 tahun sekali yang diberikan tiap awal musim hujan dan juga setiap pertengahan tahun.

Lakukan pula pemangkasan secara rutin untuk menghasilkan buah yang berkualitas. Pemangkasan bisa meliputi pemangkasan perawatan, dan pembuahan.

Panen Mangga Gedong Gincu

Buah mangga gedong gincu sudah siap panen setelah buah terlihat hijau dan beberapa bagian kulit berwarna kemerahan. Pada panen pertama, mangga ini biasanya hanya menghasilkan 10-15 buah/pohon. Barulah pada panen selanjutnya buah akan tumbuh dengan lebat.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Gedong Gincu Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa