Cara Budidaya Semangka Kotak Yang Unik dan Bernilai Tinggi Bagi Pemula

Posted on

Cara Budidaya Semangka Kotak Yang Unik dan Bernilai Tinggi Bagi Pemula – Semangka (Citrullus lanatus) adalah salah satu tanaman buah rambat yang berasal dari famili Cucurbitaceae, Tanaman buah ini berasal dari daerah setengah gurun di Afrika Selatan. Tanaman semangka memiliki buah dengan kulit keras dan berwarna hijau muda atau pekat dengan garis atau larik berwarna hijau tua. Daging buah semangka berair dan berwarna merah atau kuning tergantung kultivarnya. Biasanya buah semangka dimakan langsung atau juga dibuat jus.

Klasifikasi Ilmiah Semangka
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Cucurbitales
Famili: Cucurbitaceae
Genus: Citrullus
Spesies: Citrullus lanatus

Kini buah semangka tidak hanya bulat, tapi juga ada yang berbentuk kotak, hati, segitiga dan lain sebagainya. Hingga sekarang ini, harga semangka dengan berbagai bentuk tersebut dapat mencapai jutaan rupiah. Berikut cara membuat semangka kotak, selengkapnya:

Cara Membuat Semangka Kotak

Siapkan media hidroponik terlebih dahulu, media hidroponik yang baik memiliki pH netral sekitar 5,5-6,5 dan bisa mempertahankan kelembapan. Media tersebut dapat berupa pasir halus atau arang sekam. Tapi karena kurang dapat menahan air, media tanam yang disarankan dapat berupa campuran sekam, serbuk gergaji dan serbuk kelapa. Sedangkan untuk tanaman yang sudah dewasa dapat menggunakan media tanam berupa pasir kasar, campuran sekam dan lain sebagainya.

Setelah benih berbuah pada hari ke-15 setelah tanam. Ketika bakal buah muncul, lakukan perlakuan khusus dengan dimasukkan kedalam kotak transparan yang berasal dari bahan akrilik dengan ukuran disesuaikan dengan pertumbuhan buah dan bentuk sesuai keinginan kalian.

Karena buah tentunya akan tumbuh semakin besar, maka perlu dilakukan pergantian kotak beberapa kali, biasanya pergantian dilakukan 2-3 kali sesuai besar buah. Lakukan perawatan dengan baik hingga buah siap panen.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Budidaya Semangka Kotak Yang Unik dan Bernilai Tinggi Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa