Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Buah Kesemek Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Buah Kesemek Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Kesemek (Diospyros kaki) merupakan jenis buah dari marga Diospyros yang berasal dari Tiongkok. Pohon buah kesemek memiliki ukuran sekitar 15 meter dengan banyak cabang, cabangnya pendek dan bengkok-bengkok. Daun dari pohon kesemek memiliki bentuk bulat, bulat telur hingga jorong dengan warna hijau kuning mengkilap. Buahnya buni dengan bentuk bulat gepeng atau segi empat, warna buahnya ada yang hijau kekuningan hingga merah dengan diameter berukuran sekitar 2 hingga 8 cm. Buah kesemek sering disebut buah genit karena pada bagian kulit terluar kesemek terdapat bubuk seperti bedak. Pada buah kesemek muda mengandung zat tanin yang bernama tanin-kaki yang menimbulkan rasa sepat pada buah kesemek dan akan berkurang mengikuti kematangan buah, Zat tanin-kaki biasanya dimanfaatkan untuk mengawetkan kerajinan tangan, untuk membantu produksi arak beras jepang serta dapat digunakan untuk bahan pengobatan penyakit. Biasanya untuk menghilangkan rasa sepat buah kesemek diolesi air kapur kemudian di peram.

Klasifikasi Ilmiah Buah Kesemek
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Ebenaceae
Genus: Diospyros
Spesies: Diospyros kaki

Kesemek memiliki banyak manfaat buah kesemek, adapun manfaat buah kesemek diantaranya yaitu:

  • Dapat Mencegah pengerasan pembuluh darah
  • Dapat Menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal
  • Dapat Mencegah kanker
  • Dapat Menghambat proses penuaan dini
  • Dapat Memelihara kelenturan pembuluh darah dan menstabilkan tekanan darah
  • Dapat Menyehatkan paru-paru
  • Dapat Menguatkan limpa
  • Dapat Menjaga tubuh tetap langsing dan menurunkan berat badan
  • Dapat sebagai obat Hipertensi
  • Dapat dijadikan obat Asma dan batuk berdahak
  • Dapat dijadikan obat Sakit perut
  • Dapat dijadikan obat Diare dan disentri

Cara Budidaya Menanam Tanaman Kesemek

Persiapan Bibit Kesemek

Tanaman kesemek bisa dikembangbiakkan melalui biji, okulasi, cangkok, dan pemisahan akar. Dari ketiga metode tersebut, bibit yang berasal dari okulasi akan lebih cepat menghasilkan buah. Caranya yaitu siapkan cabang pohon kesemek yang sudah berbuah sebagai bagian atas, serta siapkan juga batang kesemek hasil dari biji sebagai bagian bawah. Sambung kedua bagian tanaman ini supaya menyatu. Rawat dengan cara menyiramnya secara berkala. Setelah bibit tersebut berumur sekitar 1-2 minggu, Anda bisa memindahkannya ke tempat penanaman.

Persiapan Lahan Tanam Kesemek

Pohon kesemek sebaiknya ditanam langsung di tanah, bukan menggunakan pot atau pun polybag. Mulailah penanaman dengan menyiapkan lubang tanam terlebih dahulu yang memiliki ukuran 50 x 50 x 50 cm. Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang ini hingga memenuhi 2/3 dari total volumenya. Diamkan lubang tanam ini selama 2-3 minggu agar kondisinya normal kembali.

Penanaman Bibit Kesemek

Bibit kesemek yang sudah jadi bisa ditanamkan ke dalam lubang tanam. Waktu penanaman yang paling ideal adalah pagi atau sore hari ketika awal musim hujan. Lepaskan bibit dari polybag, kemudian pindahkan ke lubang penanaman dengan hati-hati. Awas jangan sampai sistem perakarannya rusak. Tutup bagian bawah bibit ini menggunakan tanah di sekitarnya. Kemudian siram secukupnya untuk meningkatkan kelembaban udara sehingga bibit bisa beradaptasi dengan baik.

Pemeliharaan Tanaman Kesemek

Pemeliharaan tanaman meliputi pembersihan lahan dari gulma yang tumbuh di sekitar pohon kesemek. Lakukan pemupukan susulan setiap 2-3 bulan sekali dengan memanfaatkan pupuk kandang. Kerjakan juga pengendalian terhadap hama dan penyakit sesuai gejala yang muncul. Disarankan untuk melakukan pemangkasan tanaman secara berkala untuk merangsang pertumbuhannya, termasuk membentuk bakal buah.

Pemanenan Buah Kesemek

Buah kesemek yang telah matang cukup mudah dikenali. Beberapa ciri-ciri yang muncul di antaranya warna kulitnya berubah dari hijau pucat menjadi kuning jingga atau kuning kemerahan, diameternya membesar hingga 5-8 cm, dan memiliki aroma yang kuat. Cara pemanenannya yaitu memotong tangkai buahnya memakai pisau yang dipasang pada bambu (egrek).

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Buah Kesemek Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa