Cara Budidaya Tanaman Cemara Norfolk Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Budidaya Tanaman Cemara Norfolk Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses – Cemara merupakan tanaman yang bisa tumbuh hingga ketinggian sekitar 6 meter, memiliki cabang dan ranting yang tersusun rapi serta tertutup daun yang memiliki bentuk seperti jarum yang tumpul. Daun muda cemara memiliki panjang sekitar 1-1,5 cm, tebal sekitar 1 mm dan berwarna hijau. Semakin tinggi pohon cemara maka cabangnya tidak simetris.

Permukaan batang pohon cemara ini kasar dan mengandung resin yang bisa dimanfaatkan di industri kosmetika. Salah satu jenis pohon cemara yang sering dijadikan tanaman hias adalah cemara norfolk. Cemara norfolk ini memiliki bunga dengan benang sari yang banyak yang bisa menghasilkan buah berbentuk runcing dengan diameter sekitar 10-13 cm. Bentuk pohon cemara seperti piramida jadi sering dimanfaatkan sebagai pohon natal.

Klasifikasi Ilmiah Cemara Norfolk
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Subdivisi: Gymnospermae
Classi: Coniferae / Coniferinae
Ordo: Araucariales
Familia: Araucariaceae
Genus: Araucaria
Species: Araucaria heterophylla

Cemara norfolk menyukai kondisi lingkungan dengan intesitas cahaya matahari penuh, tanah gembur, drainase yang baik dan menyukai dataran rendah. Pohon cemara ini tahan terhadap angin. Perbanyakan cemara norfolk bisa dilakukan dengan cara cangkok batang dan melalui biji cemara.

Cara Menanam dan Merawat Cemara Norfolk

Syarat Tumbuh Dan Perlakukan

Tanaman cemara ini dapat tumbuh dengan baik apabila mendapatkan cahaya matahari atau cahaya tidak langsung. Jika tanaman ini hanya mendapatkan cahaya buatan, minimal cahaya yang dibutuhkan harus berkekuatan 400 f.c

Tanaman ini membutuhkan suku lingkungan pada siang hari sekitar 68°F-72°F, malam hari 50°F-55°F. Namun  toleran terhadap suhu 45°F-85°F.

Cemara Norflok tumbuh apabila media tanamnya berupa campuran  tanah, pupuk kandang atau kompos, dan pasir. Media tanam sebanyak 4,5 kg harus ditambah 1,5 sdt super-phosphat 20%, 1 sdm kapur dan  2 sdt pupuk 5-10-5. Dan pastikan media tanam tersebut tetap terjaga kelembapannya.

Untuk pemupukan  dapat dilakukan setiap 1-3 bulan sekali. Sedangkan tanaman yang baru dibeli, pemupukan dapat dilakukan setelah 4-6 bulan.

Pengepotan kembali dapat dilakukan setelah tanaman tumbuh lebat, akar memenuhi pot dan keluar. Dalam kurun waktu 3-4 tahun, tanaman sudah harus diganti pot dan juga media tanam yang lebih banyak sesuai dengan perkembangan tanaman.

Cara Menanam Cemara Norfolk

Pohon cemara norfolk ini dapar diperbanyak melalui biji dan juga stek. Berikut cara menyetek cemara norfolk:

Bagian yang dijasikan bibit stek yaitu bagian pucuk batang. Pastikan tanaman yang akan distek sudak memiliki cabang minimal sebanyak 6 tingkat. Sedangkan ujung tanaman di potong pada bagai ruas batang pertama atau kedua sepanjang 20-30 cm.

Setelah itu, olesi batang stek dengan zat perangsang tumbuh akar. Setelah itu bibit stek dapat langsung ditanam pada media semai berupa humus andam atau yang lainnya.

Setelah beberapa lama, biasanya bekas potongan tersebut akan tumbuh 2-3 tunas baru. Jika panjang tunas sudah mencapai 20-30 cm, tunas tersebut dapat dijadikan bahan stek.

Gunakan media tanam berupa campuran tanah humus dan sedikit sekam. Setelah berumur 3-4 bulan, akar bibit stek akan muncul dan dapat dipindahkan ke pot pembibitan setelah 1-2 bulan.

Cara Merawat Pohon Cemara Norfolk

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman cemara ini yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dapat dilakukajn secara rutin kecuali pada musim hujan. Sedangkan pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kimia dengan frekuensi pemberian tergantung lamanya pupuk tersebut habis.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya Tanaman Cemara Norfolk Di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa