Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Gambir Yang Baik dan Benar

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Gambir Yang Baik dan Benar

Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan yang bernama Uncaria gambir Roxb, gambir ini biasanya digunakan untuk menyirih. Selain untuk menyirih gambir juga bermanfaat sebagai penyamak kulit dan pewarna. Dalam Gambir mengandung catechin (katekin) yaitu suatu bahan alami yang bersifat antioksidan. Selain dihasilkan oleh tumbuhan uncaria gambir, gambir juga dihasilkan oleh tumbuhan Uncaria acida.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Gentianales
Famili: Rubiaceae
Genus: Uncaria
Spesies: U. gambir

Pohon gambir banyak dibudidayakan di daerah Sumater Barat, Sumater Utara, Riau, Kepulauan Riau, Aceh hingga ke Sumatera Selatan.

Budidaya Tanaman Gambir

a. Lahan Dan Agroklimat
Dalam melakukan penanaman tanaman gambir baik itu dalam skala kecil atau skala besar,kita dapat menanamnya pada tanah dengan jenis podsolik merah kuning hingga merah kecoklatan yang memiliki ph atau derajat keasaman tanah antara 4.8-5.5. serta berada pada ketinggian antara 5 hingga 1.100 mdpl dan memiliki kemiringan tanah sekitar 15%. Untuk iklim yang cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan gambir adalah wilayah yang memiliki curah hujan sekitar 2.500 hingga 3.350 mm/tahun, dengan memiliki suhu udara sekitar 20-40 derajat celcius dan memiliki kelembapan udara sekitar 70%-85%.

b. Persiapan Bibit Tanaman Gambir
Bibit tanaman diperoleh dari biji benih. Biji benih yang akan digunakan untuk budidaya diusahakan adalah biji benih yang berasal dari varietas yang unggul agar pertumbuhan daun dapat dengan cepat. Biji benih diambil dari tanaman induk yang telah berumur sekitar 10 hingga 13 tahun dengan tinggi rumpun sekitar 300 cm dan memiliki panjang cabang sekitar 300-500 cm. Biji benih tersebut berasal dari buah yang telah dipetik dan ditaqndqai dengan polong berwarna hitam kecokelatan sebelum pecah.

Untuk mendapatkan biji benih, buah yang diperoleh di jemur hingga polongnya pecah. Biji yang keluar dari buah selanjutnya dibersihkan dari kootoran yang menempel. Setelah itu, biji disimpan pada ruang hampa udara.

Biji tersebut kemudian disemaikan pada lahan yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan memiliki permukaan licin agar biji cepat berkecambah. Tunggu hingga biji telah berkecambah dan memiliki daun sebanyak 2-3 pasang. Jika sudah, bibit dapat dipindahkan pada lahan tanam.

c. Persiapan Lahan Tanam dan Penanaman
Lahan yang akan digunakan untuk budidaya gambir ini di bersihkan dahulu dari gulma ataupun tanaman pengganggu lainnya. Selanjutnya, lakukan pengajiran dan juga pembuatan lubang tanam dengan ukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 40 cm. Biarkan lubang tanam tersebut selama 15 hari, jika sudah penanaman sudah dapat dilakukan. Masukkan bibit dalam lubang tanam yang telah disiapkan, kemudian timbun kembali dengan tanah hasil galian yang telah dicampur dengan pupuk.

d. Pemeliharaan Tanaman Gambir

  • Penyiangan dan penggemburan
    Bersama dilakukan penyiangan terhadap gulma ataupun tanaman lain yang tumbuh disekitar tanaman gambir, lakukan pula penggemburan tanah. Penyiangan dan penggemburan tanah ini dilakukan hingga tanaman berumur sekitar 3-4 tahun.
  • Pemupukan
    Agar tanaman tumbuh dan berkembang dengan baik, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dan pupuk organik. Pemupukan tersebut dilakukan setiap seminggu sekali.
  • Merundukan
    Perundukan ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman semakin tumbuh dengan rimbun, subur, dan berdaun lebat. Cara melakukan perundukan ini yaitu dengan mengikat setiap batang yang mulai tumbuh lalu menariknya ke suatu arah bawah maka akhirnya akan merunduk ke luar cabang yang baru.

e. Pemanenan Gambir
Tanaman gambir sudah dapat mulai di panen setelah berumur sekitar 2 tahun atau lebih, pemanenan selanjutnya dapat dilakukan setiap 6 bulan setelah panen sebelunmnya. Dalam satu tahun, gambir dapat dipanen sebanyak 2 hingga 4 kali panen.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Gambir Yang Baik dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupaq ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa