Bunga Flame of Irian

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Flame of Irian “Si Merah Yang Cantik”

Posted on

Cara Menanam/Budidaya Tanaman Hias Bunga Flame of Irian “Si Merah Yang Cantik” Flame of Irian atau Mucuna ovoguineensis adalah jenis bunga yang memiliki warna merah merekah dan menyala. Bunga ini mirip dengan bunga flamboyan hanya saja bentuknya tidak mirip dan lebih kecil. Selain itu ada bunga lain yang masih rumpun yang berasal dari keluarga yang sama yaitu Indian Clock Vine atau Flame of Irian Coklat yang memiliki nama latin Thunbergia mysorensis. Sama seperti Mucuna novoguineensis, Thunbergia mysorensis juga merupakan tanaman yang merambat dengan bunganya menggantung dan bergerombol.

Flame of Irian memiliki nama lain diantaranya Mucuna kraetkei warb, Mucuna lenticellosa K. Schum Mucuna novaeguinensis, Flame of The Forest, new Guinea Creeper dan Red jade Vine. Sedangkan bunga yang berasal dari Amerika Selatan memiliki nama Mucuna bennettii.

Flame of Irian ini masuk dalam jenis tumbuhan rambat pergola dan berasal dari papua. Bunga ini akan memunculkan kuncup-kuncup bunga setelah bunga rontok. Setiap tangkai Flame of Irian memillakukan budidaya dan perwatan bunga initerbilang gampang-gampang susah namun harga jualnya juga terbilang cukuptinggi. Berikut adalah cara menanam dan memelihara bunga Flame of Irian:

Cara Menanam Flame of Irian

Dalam melakukan budidaya bunga flame of irian ini, anda dapat memasukkan atau menanam bibit ke dalam pot terlebih dahulu. Pot yang digunakan tidak perlu berukuran terlalu besar setidaknya pot memiliki diameter kurang lebih sekitar 40 cm.

Akan tetapi, jika anda ingin langsung menanamnya di tanah juga tidak masalah. Yang terpenting tempat untuk menanamnya harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Media tanam yang digunakan yaitu berupa tanah yang gembur yang sudah dicampurkan dengan pupuk kompos ke dalam lubang yang sebelumnya telah dibuat.

Cara Pemeliharaan Flame of Irian

Karena pertumbuhan tanaman bunga Flame of Irian ini terbilang sangat cepat, maka dalam penyiraman dapat dilakukan sebanyak sekali dalam sehari dan pemberian pupuk juga dapat dilakukan sekali dalam kurang lebih 2-3 bulan. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kompos atau pupuk NPK, pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditaburkan di sekitar tanaman atau bisa juga dimasukkan dalam lubang.

Selain penyiraman dan pemberian pupuk, anda juga wajib untuk memperhatikan dari segi kesehatan tanaman dengan cara membersihkan gulma atau yang disebut dengan penyiangan. Pengendalian hama pada tanaman ini juga perlu dilakukan karena hama dapat membuat Flame of Irian ini menjadi layu kemudian mati.

Demikian artikel tentang”Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Flame of Irian “Si Merah Yang Cantik”“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa