4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Galah Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Galah Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Sukses 

Udang Galah merupakan jenis udang yang masuk dalam spesies Macrobrachium rosenbergii, filum Arthropoda, kelas Crutacea, bangsa Decapoda dan suku Paleamonidae. Udang galah memiliki bentuk tubuh memanjang dan melengkung keatas, memiliki kepala berbentuk kerucut dengan restrum melebar pada bagian ujung, serta memiliki capit yang besar.

Udang Galah adalah salah jenis udang air tawar yang banyak diminati masyarakat untuk konsumsi baik itu di dalam maupun luar negeri. Dengan melihat peluang dn potensi yang ada, kini banyak orang yang mulai mencoba membudidayakan udang galah tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Udang Galah Di Kolam Terpal, berikut adalah penjelasannya secara lengkap :

Tahapan Cara Budidaya Udang Galah Di Kolam Terpal

a. Persiapan Kolam Terpal Budidaya Udang Galah
Kolam terpal yang perlu disiapkan untuk budidaya udang galah setidaknya memiliki ketinggian sekitar 0 hingga 700 meter. Apabila kolam memiliki luas sebesar 300 m3 hingga 1000 m3 maka debit air yang dianjurkan untuk budidaya udang galah ini adalah sekitar 0,5-1 liter/detik. Dengan menggunakankolam terpal, maka anda perlu memperhatikan kualitas air kolam. Spesifikasi kualitas air kolam yang baik yaitu seperti menerima sinar matahari yang cukup, memiliki kandungan oksigen terlarut sebesar 5 ppm hingga 7 ppm, memiliki kandungan mineral yang cukup, memiliki kandungan CO2 cukup (tidak lebih dari 2 ppm), serta memiliki temperatur yang ideal.

b. Pemberian Pakan Udang Galah
Pakan yang diberikan sangatlah mempengaruhi pertumbuhan serta hasil panen udang galah nantinya. Jadi, berilah pakan yang berkualitas agar nantinya udang hasil panen juga berkualitas. Pakan yang baik untuk diberikan pada udang galah adalah pakan yang memiliki kandungan nutrisi seperti lemak, karbohhidrat, vitamin, serta mineral yang cukup

c. Penanganan Dan Pencegahan Penyakit Pada Udang Galah
Pada saat proses pembesaran, Untuk mencegah atau penanganan hama ataupun penyakit pada udang galah, udang galah perlu diuji kesehatannya. Pengujian dapat dilakukan dengan cara :

  • Melakukan pengamatan secara visual dengan memperhatikan kesempurnaan morfologi yang dimiliki udang galah yang dibudidayakan untuk mengetahui apakah pada udang galah tersebut terdapat gejala penyakit.
  • Melakukan pengamatan secara mikroskopik di laboratorium untuk memeriksa ada atau tidaknya pantogen seperti virus, jamur, parasit, atau bakteri pada udang.
  • Melakukan pengambilan sampel udang galah yang dibudidayakan secara acak untuk menguji kesehatan udang galah yang ada baik pengujian melalui pengamatan secara visual atau secara mikroskopik.

d. Pemanenan Udang Galah
Udang Galah yang dibudidayakan, biasanya dapat dilakukan pemanenan pertama setelah berumur 5 hingga 6 bulan dan udang galah telah memiliki bobot sekitar 20 gram hingga 25 gram per ekornya. Jumlah udang yang didapatkan pada panen pertama biasanya masih berjumlah sedikit namun biasanya pada panen berikutnya jumlah udang yang didapatkan dapat mencapai 2 kali lipat. Dalam setahun udang galah dapat dipanen hingga sebanyak 5 kali. Harga jual udang galah biasanya tergantung ukurannya, semakin besar ukuran udang maka harganya akan semakin mahal.

Demikian artikel pembahasan tentang”4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Galah Di Kolam Terpal Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa