Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula

Posted on

Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula

Di Indonesia, Kacang Bogor (Vigna subterranea) dikenal dengan sebutan kacang bandung, kacang tanah, kacang gangge, dan kacang baleud. Asal tanaman kacang bogor belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan berasal dari daerah Afrika Tropis. Kini, kacang bogor telah tersebar ke Madagaskar, Mauritus, India, Ceylon, Indonesia, Philipina, Malaysia, Iowa, New Caledonia, Australia, Amerika Tengah tropis, Suriname, dan Brazilia. Kacang ini juga disebut Bambara Groundnuts.

Klasifikasi Ilmiah Kacang Bogor

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Rosales
Famili : Leguminoceae/Papilionaceae
Subfamili : Papilionoideae
Genus : Vigna
Spesies : Vigna subterranea

Tanaman kacang bogor merupakan herba semusim dengan cabang-cabang lateral yang menjalar di atas tanah. Tanaman ini memiliki daun majemuk dengan tiga anak daun yang berbentuk agak ellips. Tangkai daun panjang, tumbuh tegak, dan sedikit berbulu.

Bunga kacang bogor termasuk tipe bunga kupu-kupu. Bunga muncul dari ketiak daun dan tumbuh menyebar. Mahkota bunga berwarna kuning muda, kuning tua kemerah-merahan, dan ada pula yang berwarna merah gelap. Panjang tangkai bunga tidak lebih dari 1,5 cm. Setelah terjadi penyerbukan, tangkai bunga memanjang dan masuk ke dalam tanah sebagai ginofora.

Buah berbentuk polong bulat. Periode perkembangan polong paling lama 30 hari setelah terjadi penyerbukan. Polong yang masak atau tua, dalam keadaan segar berwarna putih dan halus, namun jika kering, berubah menjadi kecokelat-cokelatan dan berkerut. Polong berisi 1-2 biji dengan bentuk agak bulat, licin, dan keras. Warna kulit biji bervariasi yaitu putih, krem, cokelat, ungu, dan hitam.

Kacang Bogor atau Bambara Groundnut (Vigna subterranea)

Budidaya Kacang Bogor

Kacang bogor memiliki daya adaptasi yang luas, sehingga dapat ditanam di daerah savana sampai daerah hutan hujan atau transisi savana di Afrika.

a. Syarat Tumbuh
Tanaman kacang bogor dapat tumbuh dengan subur pada daerah dengan suhu rata-rata tahunan 19°C-27°C, dan dengan penyinaran matahari yang cukup. Curah hujan yang dikehendaki berkisar antara 500 mm-3.500 mm/th. Kacang bogor merupakan tanaman berhari pendek.

Tanaman ini dapat tumbuh baik pada ketinggian hingga 1.520 m dpl. Keasaman (pH) tanah yang dikehendaki berkisar antara 5,0-6,5, tetapi mampu bertoleran hingga pH 4,3. Tanaman kacang bogor memerlukan drainase yang baik dan struktur tanah yang ringan, agar ginofora mudah menembus dan berkembang dalam tanah.

b. Pengolahan Tanah
Pengolahan tanah dilakukan 1 minggu sebelum penanaman dengan cara dicangkul atau dibajak. Pada saat pengolahan tanah, diberikan pula pupuk kandang sebanyak 3 ton/ha.

c. Penanaman
Jarak tanam yang digunakan ialah 60 cm x 25 cm. Lubang tanam dibuat dengan cara ditugal. Ke dalam tiap lubang dimasukkan 2 butir benih. Sebelum ditanam, biji direndam satu malam dalam air dingin, dengan tujuan untuk mempercepat perkecambahan. Untuk melindungi biji, ke dalam lubang tanam diberikan pula Furadan 3G sebanyak 30 kg/ha. Penjarangan tanaman dilakukan pada saat tanaman berumur 14 HST (hari setelah tanam) dengan menyisakan satu tanaman yang paling baik.

d. Pemupukan
Selain menggunakan pupuk kandang, digunakan pula pupuk buatan yaitu Urea 100 kg/ha, TSP 50 kg/ha, dan KCl 50 kg/ha. Pupuk TSP dan KCl seluruhnya diberikan secara bersamaan pada waktu tanam. Pupuk Urea diberikan 3 kali yaitu 1/3 dosis pada saat tanam, 1/3 dosis pada saat tanaman berumur 21 HST, dan 1/3 dosis lagi diberikan pada saat tanaman menjelang berbunga, yaitu 35 HST.

e. Penyiangan dan Pembumbunan
Penyiangan dan pembumbunan dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu pada saat tanaman berumur 4 MST (minggu setelah tanam) dan 10 MST. Penyiangan dilakukan dengan menggunakan tangan atau kored.

f. Panen
Tanaman dipanen setelah berumur antara 140-170 HST. Tanda tanaman siap panen yaitu daunnya menguning dan mulai berguguran. Pemanenan dilakukan dengan cara mencabut seluruh bagian tanaman secara hati-hati dengan bantuan alat garpu.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara dan Teknik Budidaya Tanaman Kacang Bogor Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa