Cara Dan Teknik Menanam Jeruk Manis Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Cara Dan Teknik Menanam Jeruk Manis Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang sudah dikenal banyak orang dan populer dikalangan masyarakat. Tanaman buah ini juga memiliki ragam dan variasi tergantung dengan daerah masing-masing tumbuh. Jeruk merupakan tumbuhan berbunga anggota dari marga citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukkan). Tanamannya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar dan ada pula yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Jeruk kini banyak di budidayakan, tapi bagi anda yang tidak memiliki lahan luas untuk budidaya, anda bisa melakukan budidaya anda bisa melakukan budidaya dengan menanam jeruk tersebut dengan menanamnya dalam pot. Kali ini kita akan membahas cara menanam jeruk manis dalam pot. Berikut adalah Cara Menanam Jeruk Manis Dalam Pot:

Jeruk manis pada umumnya akan berbunga dan berbuah setahun sekali. Jeruk manis memiliki mahkota bunga berwarna putih atau putih kekuningan dengan kelopak yang berbenytuk seperti cawan. Buah jeruk manis ini memiliki bentuk bulat atau agak lonjong dengan ukuran cukup besar serta memiliki warna kulit buah berwarna hijau atau kekuningan mengkilap.

Cara Menanam Jeruk Manis Dalam Pot

a. Bibit Jeruk Manis
Bibit dapat diperoleh dengan cara generatif (dengan biji) dan cara vegetatif (dengan okulasi). Tapi jika anda ingin menanamnya dalam pot disarankan tanam bibit yang berasal dari hasil okulasi yang bisa anda dapatkan denan membelinya di toko tanaman buah.

b. Tempat Menanam Atau Pot Tanam Dan Media Tanam
Tempat Menanam Atau Pot Tanam
Pot tanam yang digunakan untuk menanam jeruk sebaiknya adalah pot yang terbuat dari tanah, plastik, semen, porselen ataupun kayu dengan ukuran yang menyesuaikan dengan ukuran bibit yang akan ditanam.
Media Tanam
Media tanam yang digunakan untuk menanam bisa menggunakan tanah kebun atau juga tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dan pasir.

c. Penanaman Bibit Jeruk Dalam Pot
Setelah bibit, pot dan media tanam siap seklanjutnya lakukan penanaman. Pertama, jika pot tanam terdapat lubang di bagian dasar pot maka tutup lubang dengan pecahan genting yang disusun rapi, lalu diatasnya beri kerikil dan pasir. Kemudian, masukan media tanam yang telah dibuat hingga sepertiga bagian pot. Bibit yang berada dalam polybag dikeluarkan lalu pangkas sebagian dari akarnya, jika akar tunggangnya terlalu panjang mak potong sebagian akar tunggang tersebut. Letakkan bibit tersebut tepat di tengah pot kemudian timbun dengan media tanam hingga pot penuh. Setelah senmua selesai, siran dengan air secukupnya agar media tanam dalam pot memadat.

d. Pemeliharaan Tanaman Jeruk manis

  1. Pemupukan
    Agar buah jeruk manis produktif, Lakukan pemupukan setiap 4 bulan sekali secara rutin dengan menggunakan jenis pupuk NPK, untuk dosisnya pemupukan pertama 25 gram/tanaman dan untuk selanjutnya pemupukan ditambah sesuai umur tanaman jeruk menjadi 50 gram/tanaman dan seterusnya.
  2. Penyiraman dan Penyinaran
    Untuk penyiraman jangan dilakukan secara rutin, cukup letakkan tabulapot jeruk manis ini pada tempat yang mendapatkan sinar matahari secara penuh, karena tabulapot jeruk manis tersebut membutuhkan sinar matahari 5 jam/hari.
  3. Pemangkasan
    untuk meningkatkan produktivitas buah serta mempercantik tampilan tanaman perlu dilakukan pemangkasan. Pemangksan tersebut selain untuk membentuk cabang, lakukanlah pemangkasan terhadap ranting yang kering atau yang terserang ham penyakit. Aturan pemangkasan menggunakan sistem 1-3-9 dan ditambah dengan 3 cabang tersier untuk setiap cabang sekunder. Masing-masing cabang primer di atur dengan jarak sekitar 10 cm. Setiap cabang primer, sekunder dan tersier dari pangkal cabang di pangkas sekitar 30cm-50cm.
  4. Repotting atau Pergantian Pot
    Semakin lam tanaman jeruk akan semakin besar,maka perlu dilakukan pergantian pot beserta medi tanamnya setelah berumur sekitar 3-4 tahun dan pergantian selanjutnya dapat dilakukan setahun sekali. Berikut adalah cara pergantian pot:  Pangkaslah sepertiga cabang tanamn jeruk, setelah pemangkasan tidak perlu dilakukan penyiraman selama 2 hingga 3 hari agar media tanam mengering. Kemudian angkat tanaman jeruk tersebut dan medi tanamnya dibuang sebagian. Kemudian tanam kembali tanam jeruk manis dalam pot yang diisi dengan media tanam yang baru( Caranya sama dengan penanaman awal).

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Teknik Menanam Jeruk Manis Dalam Pot Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lua ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa