Cara Dan Tips Beternak Bebek Petelur Dan Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Dan Tips Ternak Bebek Petelur Dan Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses Dengan Hasil Maksimal

Bebek atau Itik adalah salah salah satu nama spesies burung yang ada dalam famili Anatidae. Bebek memiliki tubuh yang berlekuk dan lebar, memiliki leher yang cukup panjang, memiliki bentuk tubuh yang bervariasi tapi umumnya membulat. Paruh bebek lebar dan terdapat lamelae yang yang berguna sebagai penyaring makanan.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Subfamilia:
Dendrocygninae
Oxyurinae
Anatinae
Merginae

Cara Beternak Bebek

A. Metode Budidaya
Bebek dapat diternak dengan metode pengembalaan atau juga dengan metode kandang. Kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.
1. Metode Pengembalaan
>>Kelebihan
Pengeluaran untuk membeli pakan akan lebih hemat karena bebek dapat mencari pakan sendiri
Kualitas telur yang dihasilkan lebih baik dengan warna kuning telur sempurna. dan cocokj bila diolah menjadi telur asin.
>>Kekurangan
Tidak dapat di aplikasikan pada semua tempat
sulit mencari lahan gembala dan orang yang akan menggembala

2. Metode Kandang
>>Kelebihan
Kualitas telur yang dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa tipe kandang untuk ternak bebek, sebagai berikut ini:
a. Kandang tipe pekarangan
Kandang ini dibuat di pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Dalam kandang ini semua aktivitas bebek seperti makan dan minum serta berenang hanya pada lingkungan yang telah dipagari. Kandang ini bersifat terbuka tapi sebaiknya kandang diberi tempat untuk berteduh bebek pada saat malam hari atau pada saat hujan. Tipe kandang ini cocok  untuk anda yang memiliki lahan yang luas dan memiliki tujuan pembibitan atau reproduksi.

b.Kandang Terkurung atau tipe postal
Kandang ini berupa bangunan besar yang memiliki atap dan dinding, dinding kandang biasa dibuat dari kisi bambu, bebek dibiarkan berkeliaran di dalam lingkungan kandang, dalam kandang tersebut diberi fasilitas seperti tempat minum, pakan, dan juga kolam untuk berenang bebek. Untuk bagian dasar atau lantai kandang bisa berupa tanah saja atau juga bisa menggunakan semen yang ditaburi dengan arang sekam padi. Tipe kandang ini cocok digunakan untuk anda yang memiliki lahan sempit dan ingin fokus memproduksi telur dan daging bebek atau pembibitan.

c. Kandang tipe Baterai
menggunakan kandang ini 1 atau 2 bebek diletakan dalam kotak yang berbeda atau terpisah. kandang ini biasanya dibuat dari kisi bambu. Tipe kandang ini dapat di aplikasikan di dalam atau diluar ruangan. Tipe kandang ini cocok digunakan untuk anda yang memiliki lahan sempit dan ingin fokus memproduksi telur dan daging bebek.

B. Pemilihan Bibit Ternak Bebek
Pilihlah bibit yang baik agar hasil ternak maksimal, untuk hal itu terdapat 3 cara mendapatkannya: Anda membeli telur tetas yang sudah terbukti kualitasnya dan telur diteteskan menggunakan inkubator sendiri; Anda bisa memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina bebek yang anda punya; Atau Anda bisa membeli DOD ditoko atau peternak lainnya.

C. Pakan Bebek Dan Pemberian Pakan
Jika anda ingin menghasilkan bebek petelur atau pedaging yang berkualitas, anda pula harus memberikan pakan yang berkualitas pula pada bebek anda. Terdapat 2 jenis pakan yang diberikan pada ternak bebek yaitu pakan alami dan pakan konsentrat. Pakan alami bisa diberikan kepala udang atau keong sedangkan pakan konsentrat anda dapat membelinya di pabrik atau anda bisa membuatnya sendiri. Jika anda membeli pakan konsentrat setidaknya ada tiga jenis pakan yang diberikan pada masing-masing fase pertumbuhan. Untuk Fase awal atau pada saat bebe berumur sekitar 0-8 minggu setidaknya pakan yang diberikan mengandung protein sebanyak 20%-25%; untuk fase grower atau saat bebek berumur sekitar 8-18 minggu setidaknya pakan yang diberikan mengandung 17%-19% protein dan untuk fase layer atau saat bebek berumur 18-27 minggu setidaknya pakan yang diberikan mengandung 15%-17% protein.

Anda bisa membuat atau meramu konsentrat untuk pakan bebek ternak anda dari berbagai bahan tapi harus memenuhi kandungan protein serta cocok bagi unggas. Berikut Contohnya:

Bahan baku             Awal (%)  Grower (%)  Layer (%)
Jagung giling               25             20                     15
Dedak halus                 40            50                      60
Ubi kayu                       5               5                         5
Tepung ikan                 20            15                       10
Bungkil kelapa            5               5                        5
Bungkil kedelai           5               5                        5

Untuk pemberian pakan pada bebek yang baru menetas hingga 21 hari pakan diletakan pada baki atau tempat pakan dan apabila sudah berumur 21 hari lebih pakan diberikan dengan cara ditabur atau disebar pada lantai kandang da diberi secara terus menerus. Untuk pemberian minum pada anak bebek yang berumur 0-7 hari diberi campuran vitamin dan seterusnya pemberian air minum diletakkan dalam wadah khusus secara terus menerus dalam kandang.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Beternak Bebek Petelur Dan Pedaging Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa