Cara Dan Tips Memelihara Ikan Hias Air Laut Di Akuarium

Posted on

Cara Dan Tips Memelihara Ikan Hias Air Laut Di Dalam  Akuarium Dengan Mudah

Hai Sahabat……….

Memelihara ikan hias dalam akuarium tidak hanya untuk sekedar hobi atau hiasan semata kita juga harus merawat atau memelihara kebersihan serta keindahan akuarium. Tanpa merawatnya dengan baik akan menyebabkan ikan ikan yang anda pelihara akan tidak terawat dan akan mati. Agar hal tersebut tidak terjadi maka kali ini kita akan membahas tentang Cara dan Tips Merawat Ikan Hias Air Laut di Akuarium, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

ikan hias air laut di akuarium

Berikut Cara dan Tips Merawat Serta Memelihara ikan Hias Air Laut:

1. Menyetel atau Menyetup Lingkungan Pada Akuarium
Menyetup atau menyetel lingkungan dalam akuarium adalah hal pertama yang harus dilakukan agar akuarium dapat di tinggali oleh ikan hias air laut. Pertama masukkan air dalam akuarium lalu berikan pompa air untuk sirkulasinya, Diamkan air selama 3 sampai 4 minggu untuk pengondisian agar air mendekati aslinya. Pada 3 sampai 4 minggu tahap pengondisian air sebaiknya jangan masukkan ikan ke dalam air karena ikan akan mati walaupun kadang ada ikan yang dapat tetap bertahan dalam kondisi air seperti itu. Kemudian taruh kerikil di dasar akuarium untuk menyimpan kotoran ikan supaya tidak mengotori akuarium dan pasanglah lampu pada akuarium untuk menghangatkan air dalam akuarium serta jangan lupa gunakan pendingin (chiller) pada akuarium berisi karang.

2. Aklimatisasi Ikan
Ikan hias air laut berbeda dengan ikan hias air tawar, ikan hias air laut memerlukan perlakuan yang ekstra. Ikan air laut ketika baru dibeli tidak bisa langsung dimasukkan dalam akuarium karena akuarium harus di sesuaikan dulu suhu airnya. Setelah itu letakkan ikan yang masih dalam plastik pembelian ke air kurang lebih 20 menit, setelah hal itu dilakukan buka plastik ikan dan masukkan sedikit air akuarium kedalam plastik lalu diamkan sekitar 10 menit lalu ikan bisa di lepaskan dalam akuarium.

3. Jangan Memelihara Ikan hias Air Laut Terlalu Banyak
Jika anda hanya memiliki akuarium dengan ukuran yang kecil sebaiknya anda jangan memelihara ikan terlalu banyak dalam akuarium tersebut karena dalam kondisi ikan yang terlalu banyak dapat menurunkan kondisi air dan dalam kondisi air yang buruk dapat membunuh ikan.

4. Adanya Tumbuhan laut
Adanya tumbuhan laut juga sangat penting dalam menjaga kondisi air karena tumbuhan laut dapat mengurangi kadar nitrat yang signifikan, ikan juga sangat suka dengan tumbuhan laut.

5. Pakan Ikan
Pemberian pakan pada ikan haruslah diperhatikan, sebaiknya minta penjelasan pada saat membeli pakan karena jika memberi pakan terlalu banyak dapat mengurangi kondisi air dalam akuarium.

6. Menjaga Kondisi Air laut
Kondisi air sangatlah perlu diperhatikan. Suhu air yang baik adalah sekitar dibawah 28°C. Selain suhu hal yang perlu di perhatikan adalah pH air, untuk mengetahui Ph air anda bisa membeli alatnya di toko penjualan ikan hias air laut. Direkomendasikan pula untuk menggunakan protein skimmer  untuk mengurangi kadar amonia dalam air dan tentunya agar kondisi air tetap terjaga. Gunakan formula untuk menyesuaikan keasaman air serta menghilangkan jamur dan bakteri.

7. Mengganti Air Laut Secara Rutin
Mengganti air laut dalam akuarium harus dilakukan secara rutin yaitu sekitar 2 sampai 3 minggu sekali. Harga air laut di toko sekitar Rp.300/liternya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Memelihara Ikan Hias Air Laut Di Akuarium“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa