Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium

Posted on

Memelihara Serta Merawat Jenis Ikan Hias Air Tawar Dalam Aquarium Dengan Mudah, Ini Dia Caranya

Hai Sahabat……….

Memelihara ikan hias dalam akuarium tidak hanya untuk sekedar hobi atau hiasan semata kita juga harus merawat atau memelihara kebersihan serta keindahan akuarium. Tanpa merawatnya dengan baik akan menyebabkan ikan ikan yang anda pelihara akan tidak terawat dan akan mati. Agar hal tersebut tidak terjadi maka kali ini kita akan membahas tentang  Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar dalam Akuarium, untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.
ikan hias air tawar di akuarium

Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium:

1. Rajin mengganti air dengan yang baru minimal 2x seminggu
Menjaga kebersihan air dalam akuarium adalah hal wajib yang harus dilakukan bagi pemelihara ikan hias. Hal ini dilakukan karena jika air keruh atau tidak bersih didiamkan dalam waktu yang lama serta tidak di bersih-bersihkan maka ikan akan sakit bahkan bisa mati. Penggantian air sebaiknya dilakukan minimal 2x dalam seminggu.
2. Rajin Membersihkan Kaca Agar Tidak Berlumut
Pencahayaan yang ada dalam akuarium dapat menyebabkan pertumbuhan lumut pada dinding kaca akuarium. Adanya lumut pada dinding akuarium akan menyebabkan air terlihat keruh dan tidak menarik. Nah untuk menghindari perkembangan lumut dalam akuarium sebaiknya anda memelihara ikan pemakan lumut, seperti: pond snail, otocinclus sp, ikan Siamese algae eater, Malaysian snail, ramshorn dan masih banyak lagi jenis ikan pemakan lumut lainnya yang bisa anda dapatkan di tempat penjualan ikan hias. selain menggunakan ikan pemaka lumut anda juga dapat menggunakan obat pencegah pertumbuhan lumut seperti : vitrol 5% atau stop algae, penggunaan obat tersebut haruslah disesuaikan dengan dosis dalam petunjuk yang ada jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan tanaman dalam akuarium akan mati (jika ada). Selain menggunakan ikan pemakan lumut dan obat, pembersihan lumut dalam dinding akuarium dapat dilakukan secara manual, anda dapat menggunakan busa resin, darcon, atau pun silet.
3. Mengecek serta membersihkan sistem filter atau penyaring secara rutin
Menjaga kualitas air dalam akuarium sangatlah diperlukan, dan sistem filter adalah alat yang difungsikan untuk hal tersebut. Tetapi Kita harus selalu menjaga sirkulasi air pada filter, apabila tidak terjaga maka jika terlalu banyak kotoran yang menyumbat pergerakan air akan kurang lancar bahkan dapat menyebabkan kotoran dalam akuarium semakin banyak.Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya anda selalu rutin mengecek dan membersihkan sistem filter pada akuarium agar kualitas kebersihan air tetap terjaga minimal lakukan sekali dalam seminggu.
4. Bersihkan Batuan kerikil (Gravel) atau Substrat  Yang Ada Dalam Akuarium 
Gravel akuarium
Pembersihan substrat atau gravel ini sangat penting karena gravel sering kali tertutup oleh lumut atau pun kotoran ikan. Pembersihan ini bermanfaat untuk mencegah dekomposisi pada kotoran ikan yang apabila dibiarkan dapat menjadi toksik bagi ikan. Biasanya yang dibersihkan pada gravel adalah bagian atasnya saja dengan cara di sifon menggunakan selang dengan ukuran yang tepat karena jika tidak tepat dan terlalu besar dapat menyebabkan air menjadi keruh. Hal ini bisa dilakukan minimal sebulan sekali.
5. Perawatan tanaman air
tanaman akuarium
Jika dalam akuarium terdapat tanaman maka perlu dilakukan perawatan agar keindahan dalam akuarium tetap terjaga. cara merawatnya adalah dengan cara memangkas, membuang atau memotong tanaman yang sudah layu atau mati.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara dan Tips Memelihara Serta Merawat Ikan Hias Air Tawar Di Akuarium“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa