Cara Dan Tips Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Dan Tips Mudah Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Mangga (Mangifera indica) atau Mempelam adalah nama sejenis buah dan sekaligus nama pohon yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae. Buah mangga termasuk kedalam kelompok buah batu yang berdaging dengan memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada spesiesnya, mulai dari bulat, bulat telur hingga lonjong memanjang Panjang buah berkisar antara 2,5–30 cm. Kulit buah mengga agak tebal berbintik kelenjar berwarna hijau, kekuningan atau kemerahan saat masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah.

Mangga merupakan salah satu buah yang banyak digemari orang karena rasanya yang manis dan masam segar, mangga banyak di komsumsi secara langsung ataupun dibuat aneka makanan dan minuman seperti rujak, jus ataupun yang lain. Selain, karena rasanya mangga dikonsumsi karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Tak heran jika mangga kini banyak di tanam ataupun di budidayakan, karena banyak orang yang suka mendapatkan hasil secara cepat maka untuk menanam mangga sebaiknya menanam dengan bibit hasil cangkok. Berikut adalah cara menanam mangga agar cepat berbuah :

a. Persiapan bibit
Bibit yang akan di tanam sebaiknya dipersiapkan dahulu, jika memiliki keahlian anda bisa membuat bibit cangkok sendiri sehingga anda bisa memastikan bibit tersebut benar-benar berasal dari cabang pohon yang baik. Tapi apabila anda tidak bisa, anda dapat membelinya di toko tanaman. Pilihlah bibit yang unggul untuk mendapatkan hasil yang baik degan ciri memiliki batang tegak, subur, belum memiliki banyak cabang dan pastinya pilih bibit yang tidak terserang hama penyakit.

b. Persiapan Lahan Tanam Dan Penanaman
Jika sudah memiiki bibit selanjutnya siapkan lahan untuk penanaman. Lakukan pembukaan lahan dengan cara membersihkan lahan yang akan digunakan untuk menanam dari tanaman yang nantinya akan mengganggu pertumbuhan tanaman buah mangga, setelah bersih lakukan penggemburan (jika perlu). Lalu buatlah lubang tanam dengan bentuk persegi berukuran 1 meter pada setiap sisinya, gali tanah 1/2 meter terlebih dahulu, lalu gali 1/2 meter lagi. Pada bagian bawah lubang yang telah dibuat, beri pupuk dasar berupa pupuk kandang dan tutup kembali, lalu biarkan selama tiga hari. Beri jarak antar setiap lubang tanam sekitar 10 meter.

c. Penanaman Pohon Mangga
Setelah 3 hari, lubang yang telah ditutup dan di beri pupuk digali lagi untuk ditanami bibit pohon mangga. Buatlah lubang dengan lebar 60 centi meter dan kedalaman 30 centi meter. Setelah itu lubang diberi taburan furadan dahulu. Selanjutnya, buang atau lepaskan polybag pada bibit kemudian pindahkan bibit secara hati hati kedalam lubang. Timbun kembali lubang dengan tanah, kemudian lakukan penyiraman.

d. Perawatan Tanaman
Penyiraman, Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari dan sore hari.
Penyiangan, Lakukan penyiangan pada daerah sekitar pohon mangga agar pertumbuhannya tidak terganggu.
Pemangkasan atau pruning, lakukan pemangkasan pada cabang,daun, dan ranting pohon agar tanaman pohon mangga dapat terangsang untuk berbuah cepat.
Penggemburan, Lakukan penggemburan tanah yang mulai mamadat di sekitar pohon.
Pemupukan, pastikan anda benar-benar paham soal pemupukan karena ada banyak berbagai jenis pupuk yang perlu diberikan pada tanaman dan jangka waktunya berbeda-beda.
Pengendalian hama penyakit, pengendalian hama dan penyakit perlu dilakukan karena tanaman pasti berisiko terserang hama penyakit.
Selain itu, lukai kulit kayu pohon dengan cara memaku, mengerok, mencacah atau mengiris kulit kayu sekitar 3 cm hingga 5 cm dari permukaan tanah, bor batang utama dengan diameter sebesar pensil. Tujuan dilakukan ini adalah supaya nutrisi yang dihasilkan tanaman dapat terfokus pada produksi pembuahan; Mengerat kulit pohon secara melingkar, hingga pohon terlihat kayunya. Tujuan dilakukan ini yaitu untuk mengambat pengangkutan zat makanan hasil fotosintesis sehingga terjadi penumpukan zat makanan dan diharapkan dapat memicu tumbuhnya bunga.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa