Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat tanaman bunga mawar. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Mawar ialah salah satu jenis tanaman bunga hias berupa herba dengan batang berduri. Mawar adalah salah satu tanaman semak dari genus Rosa. Menurut sejarah, tanaman mawar berasal dari daratan Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Upafamili: Rosoideae
Genus: Rosa

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar

A. Pembibitan

Bunga mawar dapat di tanam dengan 2 cara yaitu melalui stek dan melalui biji

Stek
Menanam mawar dengan cara stek dapat dilakukan dengan cara memilih batang tanaman mawar yang telah tua dan sudah memiliki mata tunas. Kemudian batang yang telah dipilih di potong menyerong sekitar 5 cm hingga 10 cm dengan posisi mata tunas berada pada tengah batang. Setelah itu rendam batang stek pada hormon pertumbuhan akar sekitar 2 hingga 3 jam atau rendam dengan air ekstrak bawang putih dan bawang merah selama 2 hingga 3 jam.
Siapkan polybag atau pot yang telah di beri media tanam berupa campuran tanah berpasir, arang sekam dan pupuk kompos Atau campuran tanah humus dengan pupuk. Setelah siap batang stek ditanam dalam polybag atau pot yang sudah diberi media tanam. lakukan penyiraman dengan cara semprot sebanyak 2 kali sehari tapi usahakan media tanam tidak tergenang. Setelah sekitar 1 atau 2 bulan tanaman sudah berakar dan memiliki sekitar 4 helai daun, tanaman dapat di pindahkan.

Biji
Biji mawar yang akan ditanam terlebih dahulu direndam dalam air selama 24 jam. Buatlah media semai untuk biji bunga mawar berupa tanah halus dan pupuk kompos halus atau tanah bisa diganti dengan arang sekam yang halus. Masukkan media tanam pada tempat semai berupa polybag atau baki semai setelah itu bahahi media tanam dalam tempat semai dengan air jangan sampai tergenang, selanjutnya tanam biiji pada persemaian dengan diberi jarak sekitar 3 hingga 5 cm agar perkecambahan dan perakaran biji optimal. Setelah ditanam, untuk menjaga kelembaban dan mengurangi penguapan tutuplah persemaian dengan menggunakan koran atau kardus. Siram media tanam dengan cara semprot sebanyak 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari. Pada sekitar 4 hingga 6 minggu biji bunga sudah berkecambah dan mempunyai sekitar 4 hingga 5 helai daun.

B. Penanaman
Mawar dapat ditanam dalam pot bisa juga ditanam langsung pada tanah di pekarangan atau halaman rumah.

Pot
Sebelum ditanam dalam pot, media tanam pada pot dibasahi terlebih dahulu kemudian buat lubang pada tenagh media tanam dengan ukuran sekitar 10 cm hingga 15 cm. Setelah itu pindahkan bibit bunga mawar dalam pot kemudian timbun dan padatkan. Lalu siram lagi hingga cukup basah.

Halaman Atau Pekarangan Rumah
Untuk menanam pada tanah di halaman atau pekarangan rumah, siapkan terlebih dahulu lubang tanam dengan ukuran diameter sekitar 40 cm hingga 45 cm dan kedalamannya sekitar 30 cm hingga 40 cm. Lalu masukkan media tanam berupa tanah yang dicampur dengan kompos dalam lubang hingga 2/3 bagian. Keluarkan bibit mawar dari polybag dengan hati-hati lalu letakkan dalam lubang tanam dengan posisi bibit berada pada tengah lubang dan posisi akar menyebar. Kemudian timbun dengan media tanam lagi dan padatkan. Siram tanah hingga basah atau sedikit tergenang. Agar tidak terkena sinar matahari secara langsung pasanglah paranet atau anyaman bambu untuk naungan. Pemindahan baik dilakukan pada sore hari.

C. Perawatan Tanaman Bunga

Penyiraman dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari dengan frekuensi penyiraman yang cukup banyak pada awal penanaman. Penyiraman dilakukan pada bagian tanahnya saja. Setelah berumur sekitar 2 tahun tanaman bunga mawar di siram dengan frekuensi 2 hari sekali penyiraman. Pastikan tanah benar-benar basah karena mawar mengukai air dengan kadar yang banyak tetapi tidak berlebih.
Pemupukan juga dilakukan menggunakan pupuk NPK untuk memacu pertumbuhan tunas dan pembungaan tanaman.
Lakukan penyemprotan untuk menghindari hama dan penyakit menggunakan pestisida ataupun herbisida alami yang dibuat dari ekstrak temu lawak, kunyit putih dan bawang putih Atau bisa uga menggunakan ekstrak daun sirsak, daun lamtoro atau daun pepaya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa