Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Anthurium Atau Gelombang Cinta

Posted on

Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Anthurium Atau Gelombang Cinta

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara Mananam dan Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta atau¬†Anthurium plowmanii. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan berikut ini.

Gelombang Cinta atau Anthurium plowmanii adalah salah satu jenis tanaman hias yang populer di kalangan pecinta tanaman hias. Gelombang cinta atau Anthurium plowmanii ini merupakan tanaman yang termasuk dalam kelas liliopsida, Daun gelombang cinta berwarna hijau mengkilat dengan memiliki panjang sekitar 10 cm hingga 30 cm, tebal dan bergelombang pada bagian tepi.

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Alismatales
Famili : Araceae
Genus : Anthurium
Spesies : Anthurium plowmanii

Berikut adalah Cara Menanam dan merawat tanaman hias Gelombang Cinta atau Anthurium Plowmanii :

a. Menanam Gelombang cinta
Siapkan Bibit gelombang cinta yang telah di beli dari toko tanaman bunga, Pot, Pecahan Genteng dan Media tanam(tanah humus, pasir dan pupuk kandang). Berikut langkah -langkah penanaman jika semua alat sudah siap :

  • Pertama, masukan pecahan genteng dengan cara disusun pada bagian dasar pot (tujuannya untuk menghindari media tanam hanyut saat penyiraman),
  • Kemudian, masukan media tanam berupa campuran tanah humus, pasir dan pupuk kandang hingga setengah bagian pot,
  • Selanjutnya, Masukan bibit tanaman gelombang cinta pada pot,
  • Terakhir, timbun lagi menggunakan media tanam yang sama hingga 3-5 cm diatas permukaan pot, lalu letakkan pada tempat yang teduh seperti tempat yang memiliki naungan karena gelombang cinta tidak menyukai sinar matahari secara langsung. Siram hingga selurum bagian media tanam basah.

b. Merawat Tanaman Hias Gelombang Cinta atau Anthurium Plowmanii
Untuk mendapatkan tanaman hias yang memiliki bentuk indah perawatan gelombang cinta perlu dilakukan perawatan, tidak begitu sulit untuk merawatnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat tanaman hias gelombang cinta :

  • Pemberian Sinar Matahari
    Walaupun tanaman hias gelombang cinta tidak begitu menyukai paparan sinar matahari secara langsung karena dapat membuat tanaman layu bahkan kering, Tapi gelombang cinta membutuhkan sinar matahari untuk pembentukan zat hijau daun atau klorofil. Lakukan seminggu sekali, pemberian sinar matahari dengan cara menjemurnya di tempat terbuka selama 15 menit hingga 1 jam.
  • Penyiraman
    Penyiraman dilakukan cukup dilakukan sekali dalam sehari, kecuali pada musim kemarau atau cuaca panas lakukan penyiraman sebanyak 2 x sehari, Jangan biarkan wadah atau media tanam terlalu basah atau lembab.
  • Penggantian pot
    Lakukan penggantian pot secara rutin saat tanaman hias gelombang cinta ini semakin subur dan bertambah besar. Sesuaikan ukuran pot dengan ukuran tanaman gelombang cintanya.
  • Pemupukan
    Pemupukan diberikan 3 bulan sekali dengan menggunakan NPK, caranya pupuk NPK di campur dengan air dengan takaran 2 gr/liter air. Pemupukan diusahakan jangan sampai mengenai daun agar daun tidak mengalami kerusakan atau bahkan kebusukan.
  • Posisi Tanaman
    Tanaman dalam pot harus sering di atur posisisnya mengikuti arah matahari walaupun tidak terkena matahari secara langsung. Hal ini juga dapat merangsang agar daun gelombang cinta tumbuh tegak dan memiliki daun yang hijau dan sehat.

Selain itu jika anda menginginkan tanaman gelombang cinta yang anda tanam memiliki daun yang mengkilap, kami memiliki tips untuk itu yaitu dengan mengoleskan susu cair pada daun. Caranya Bersihkan daun terlebih dahulu seluruh bagian daun baik itu bagian atas atau bawah daun dengan air bersih, kemudian oleskan secara merata susu cair pada daun dengan spons atau kapas,. Tunggu hingga kering, lalu bersihkan dengan kain kering. Lakukan Secara rutin seminggu sekali jika ingin hasil yang memuaskan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Dan Tips Menanam Serta Merawat Tanaman Anthurium Atau Gelombang Cinta“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa