Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat – Anggur adalah buah yang berasal dari tanaman perdu merambat yang masuk kedalam famili vitaceae yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Tumbuhan buah ini berasal dari Armenia dan dibudidayakan di timur tengah sejak 4000 SM. Buah ini memiliki banyak variant warna seperti merah, ungu, kuning, hijau dan lainnya. Buah ini banyak mengandung senyawa yang berperan aktif proses metabolisme tubuh dan mampu mencegah sel kanker dan penyakit lain terbentuk. Di buah ini juga mengandung senyawa metabolit sekunder yang dberperan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain dimakan langsung biasanya anggur dapat diolah menjadi jus, kismis, jelly, minuman anggur dan minyak biji anggur.

Klasifikasi Ilmiah Anggur
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Vitales
Famili: Vitaceae
Genus: Vitis L.

Dalam buah Anggur tersimpan berbagai kandungan gizi seperti vitamin A, B6, K dan vitamin C, selain itu juga ada karbohidart, lemak jenuh, potassium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium serta bebas dari kolesterol, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Umumnya, anggur dibudidayakan dengan teknik pencangkokan atau stek karena dinilai lebih mudah dan juga cepat. Namun selain dengan cara tadi, bisa juga menanam anggur melalui bijinya. Tapi sayangnya, cara ini dinilai rawan gagal tapi sebenarnya tergantung penanaman dan perawatannya. Berikut cara menanam anggur dari biji:

Cara Menanam Anggur Dari Biji

Pilih Varietas Anggur Yang Diinginkan

Sebelum melakukan penanaman, tentukan terlebih dahulu jenis anggur yang akan ditanam, cari tahu jenis anggur yang dapat tumbuh atau cocok dengan biklim daerah tempat tinggal anda.

Jika biji anggur sudah diperoleh, rendam biji-biji tersebut ke dalam air yang berisi air. Jika ada biji yang mengapung maka segera buang karena itu menandakan kualitas biji buruk. Sedangkan biji yang tenggelam dibiarkan selama sehari semalam.

Setelah itu, lakukan proses stratifikasi atau proses simulasi musim dingin untuk membuat biji berkecambah. Caranya yaitu letakkan biji pada tisu basah, lalu masukkan pada wadah tertutup ataupun wadah transparan yang dibungkus plastik atau dengan kantung udara transparan kemudian simpan. Selanjutnya, simpan pada lemari es selama 2-3 bulan. Usahakan suhu stabil sekitar 1-3°C.

Penyemaian Biji Anggur

Setelah melalui tahap stratifikasi, selanjutnya semaikan biji pada wadah pot, usahakan pot yang digunakan pot tanah karena pot tanah memiliki pori-pori yang mudah menyerap air dan nutrisi tanpa membuat tanaman mengendap. Isi pot dengan media tanam berupa tanah gembur yang dicampur dengan pupuk kandang. Biasanya biji anggur akan mulai berkecambah setelah berumur 2-8 minggu dari hari penyemaian biji tersebut.

Proses Transplantasi atau Pemindahan Tanam Bibit Anggur

Proses transplantasi ini dilakukan setelah bibit anggur yang disemai telah tumbuh setinggi 8 cm. Caranya pindahkan bibit tanaman anggur ke dalam pot yang berukuran lebih besar dengan tujuan mempersiapkan pernapasan yang lebih luas untuk akar tanaman yang semakin membesar.

Selain itu, bibit dapat dipindahtanamkan ke pekarangan rumah untuk mempercantik halaman, setelah pohon anggur mencapai ketinggian 30 cm. Pindahkan pada lahan yang telah digemburkan dan diberi kompos terlebih dahulu. Kartena rermasuk tanaman merambat dab akan terus tumbuh merambat maka berikan penopang berupa ajang-ajang atau teralis.

Perawatan Tanaman Anggur

Lakukan pemberian nutrisi berupa pupuk secara berkala. Lakukan penyiraman secara rutin pada masa pertumbuhan, lakukan penyiraman agar tanah tetap lembab saja jangan sampai air tergenang. Lakukan pula pemindahan pada pot yang lebih besar, pangkas pucuknya karena tanaman ini menjalar, maka berikan penopang pada pot agar bentuk tanaman anggur tetap tegak. Biasanya pohon anggur membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 tahun untuk bisa berbuah.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa