Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Hijau Dirumah Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Anggur Hijau Dirumah Agar Cepat Berbuah Lebat – Anggur adalah buah yang berasal dari tanaman perdu merambat yang masuk kedalam famili vitaceae yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Tumbuhan buah ini berasal dari Armenia dan dibudidayakan di timur tengah sejak 4000 SM. Buah ini memiliki banyak variant warna seperti merah, ungu, kuning, hijau, dll. Buah ini banyak mengandung senyawa yang berperan aktif proses metabolisme tubuh dan mampu mencegah sel kanker dan penyakit lain terbentuk. Di buah ini juga mengandung senyawa metabolit sekunder yang dberperan sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Selain dimakan langsung biasanya anggur dapat diolah menjadi jus, kismis, jelly, minuman anggur dan minyak biji anggur.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Vitales
Famili: Vitaceae
Genus: Vitis L.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam anggur hijau. Anggur hijau merupakan jenis buah anggur yang dapat berbuah sepanjang tahun dan memiliki kandungan gizi sangat tinggi. Dalam buah Anggur tersimpan berbagai kandungan gizi seperti vitamin A, B6, K dan vitamin C, selain itu juga ada karbohidart, lemak jenuh, potassium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium serta bebas dari kolesterol, yang tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Cara Budidaya Anggur Hijau

Persiapan Bibit Anggur Hijau

Bibit anggur hijau dapat diperoleh melalui perbanyakn secara vegetatif atau melalui stek maupun secara generatif atau melalui biji. Namun, umumnya yang banyak digunakan yaitu pembibitan melalui stek karena dirasa lebih mudah dan lebih cepat menghasilkan buah. Tapi jika anda tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit di toko bibit, pastikan bibit berkualitas baik, sehat tidak terserang hama dan penyakit, berdaun segar tidak layu atau kering, serta memiliki minimal 2 tunas.

Persiapan Lahan Tanam Anggur Hijau

Tanaman anggur hijau dapat tumbuh optimal pada dataran rendah dengan ketinggian sekitar 300-800 meter diatas permukaan laut serta memiliki curah hujan 800 mm/tahun.

Lahan tanam yaang akan digunakan untuk budidaya anggur hijau, diolah terlebih dahulu. Bersihkan gulma atau tanaman pengganggu laiinnya, setelah itu gemburkan tanah pada lahan dengan cara dibajak. Jika derajat keasaman atau pH tanah kurang dari 5 maka lakukan pemberian kapur dolomit.

Setelah digemburkan, buatlah bedengan dengan ukuran lebar 150 cm, tinggi 50 cm, dan panjang menyesuaikan lahan. Beri jarak antar bedengan sekitar 100 cm untuk akses jalan dan aliran drainase.

Jika bedengan sudah selesai dibuat, buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam sekitar 3 x 3 m / 5 x 4 m.

Sesudah lubang tanam dibuat, istirahatkan selama 2 minggu dan biarkan tersinari matahari secara penuh. Tujuannya agar bibit hama dan penyakit pada media tanam mati.

Cara Menanam Anggur Hijau

Setelah semuanya sipa, maka lakukan penanaman. Masukkan bibit anggur hijau perlahan jangan sampai perakaran dan batangnya rusak, posisikan bibit tegak. Selanjutnya tutup lubang tanam dengan media campuran tanah, kompos/pupuk kandang yang sudah terfermentasi dan sekam. Tutup merata hingga pangkal batang tanam anggur tersebut dan padatkan sedikit agar bibit tidak mudah roboh.

Pemupukan Susulan Tanaman Anggur Hijau

Agar tanaman tumbuh baik, maka asupan nutrisi harus tetap terjaga. Tanaman baru akan mudah beradaptasi jika nutrisi terus diberikan secara berkala. Selain itu, tanaman akan tumbuh dengan cepat dan sehat. Pemupukan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik maupun pupuk buatan. Pemupukan ini dilakukan secara rutin dalam interval 1 bulan sekali.

Merangsang Pembuahan Anggur Hijau

Untuk merangsang pertumbuhan buah lebih cepat, maka perlu dilakukan pemberian hormon perangsang buah. Tak hanya cepat buah, anggur hijau yang dihasilkan bisa berkualitas baik dan merangsang pembuahan lebih lebat lagi. Hormon perangsang dapat disemprotkan ke tanaman 1 bulan sekali.

Perawatan Lain

Lakukan penyulaman pada tanaman anggur yang tidak tumbuh atau mati, lakukan pula penjarangan jika beberapa tanaman tumbuh terlalu rapat, sedangkan penyiraman cukup dilakukan 1 kali sekali pada musim kemarau dan untuk musim hujan tidak perlu dilakukan penyiraman karena tanaman anggur tidak menyukai keadaan tanah yang terlalu becek, jangan lupa juga lakukan penyiangan gulma disekitar tanaman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Hijau Dirumah Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa