Cara Menanam atau Budidaya Cabe Merah Keriting Di Polybag/Pot Agar Hasil Melimpah

Posted on

Cara Menanam atau Budidaya Cabe Merah Keriting Di Polybag/Pot Agar Hasil Melimpah – Cabe Merah (Capsicum annuum) adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari suku Solanaceae dan genus Capsicum. Tanaman cabe merah berasal dari benua amerika yang beriklim subtropis dan tropis. Cabe merah keriting merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan, terkadang pada waktu tertentu harga cabai keriting bisa sangat tinggi. Sehingga tak heran jika banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan cabe merah keriting ini.

Bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam atau budidaya cabe merah ini dalam polybag atau pot tanam. Berikut selengkapnya:

Cara Menanam atau Budidaya Cabe Merah Keriting Di Polybag/Pot

Persiapan Bibit Cabe Merah Keriting

Sebenarnya, biji cabe dapat langsung ditanam tanpa harus disemai terlebih dahulu. Tapi agar bibit dapat diseleksi mana yang baik dan tidak maka perlu dilakukan penyemaian terlebih dahulu.

Penyemaian bibit cabe merah keriting ini dapat dilakukan di polybag, baki, bedengan tanah atau yang lainnya. Media semai yang digunakan yaitu campuran tanah dan pupuk kompos.

Jika tempat penyemaian sudah siap, maka tebar biji benih cabe merah keriting tersebut lalu siram dengan air untuk membasahi tanah dan tutup menggunakan abu atau tanah. Setelah itu, tutup menggunakan karung goni basah selama 3-4 hari. Jaga agar karung goni tetap basah dengan menyiraminya dengan air secara berkala.

Pada hari ke-4 setelah semai biasanya akan mulai tumbuh tunas dari permukaan tanah, segera buka karung goni dan ganti dengan plastik transparan agar bibit terlindungi dari sinar matahari dan hujan. Setelah berumur 3-4 minggu atau telah memiliki 3-4 helai daun.

Persiapan Tempat Dan Media Tanam

Tempat yang digunakan untuk menanam cabe merah keriting dapat berupa polybag berukuran kecil, polybag besar, pot plastik, pot tanah liat, pot semen atau pot keramik atau bisa juga wadah bekas yang sudah tidak terpakai.

Media tanam yang digunakan untuk menanam cabe merah keriting dalam pot yaitu campuran tanah, pupuk kandang, kompos, arang sekam, sekam padi serta media tanam lainnnya. Berikut beberapa contoh komposisi media tanam yang dapat digunakan:
Campuran kompos dengan tanah dengan perbandingan komposisi 1:2 atau campuran tanah dengan pupuk kandang dengan komposisi 2:1.

Sebelum dicampur, semua media tanam diayak terlebih dahulu agar teksturnya halus. Saat mencampurkan media tanam, campurkan pula 3 sendok pupuk NPK per polybag tanam.

Pada bagian bawah polybag atau pot tanam diberi pecahan genteng, sabut kelapa, atau pecahan styrofoam untuk mencegah air menggenangi media tanam pada daerah akar tanaman.

Cara Menanam Cabe Merah Keriting di Pot/Polybag

Jika semuanya sudah siap, selanjutnya pindahkan bibit dari media semai ke media tanam. Buat lubang tanam pada media tanam di dalam polybag dengan kedalaman sekitar 5-7 cm. Ambil bibit beserta tanah disekitarnya lalu masukkan ke lubang tanam yang telah dibuat.

Cara Merawat Cabe Dalam Polybag/Pot

Berikan 3 sendok NPK pada setiap polybag sebagai pupuk tambahan setiap bulannya. Saat cabe sudah mulai berbuah, tambahkan satu kepal kompos atau pupuk kandang.

lakukan pula penyiraman secara teratur yaitu setiap 3 hari sekali. Jika matahari terik, penyiraman dilakukan setiap sehari sekali. Apabila tanaman cabe sudah tumbuh tinggi maka berikan ajir agar tanaman tumbuh tegak.

Lakukan perompesan pada tunas muda yang ada di ketiak daun. Perompesan dilakukan pada hari ke-20 setelah penanaman. Hal ini biasanya dilakukan sampai 3 kali hingga tanaman cabe tumbuh cabang.

Panen Cabe Merah Keriting

Umur panen cabe yang dapat bervariasi, tergantung jenis varietes cabe yang dibudidayakan serta lingkungan tempat menanam cabe tersebut.

Ciri cabe yang siap panen yaitu telah berwarna merah dan masih memiliki garis hijau. Waktu pemanenan yang baik yaitu pada pagi atau sore hari.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam atau Budidaya Cabe Merah Keriting Di Polybag/Pot Agar Hasil Melimpah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.