Cara Menanam Atau Budidaya Lidah Buaya Yang Praktis

Posted on

Cara Menanam Atau Budidaya Lidah Buaya Yang Kaya Akan Manfaat Dengan Menggunakan Media Polybag Atau Pot

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara menanam Dan Budidaya Tanaman Lidah Buaya. Untuk lebih jelasnya mari Simak pembahasan berikut ini.

Lidah Buaya atau Aloe vera adalah salah satu tanaman berduri, tanaman ini berasal dari daerah kering Benua Afrika. Tanaman ini memiliki manfaat serta khasiat yang luar biasa dan telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Lidah Buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat seperti Dapat menyuburkan rambut, Dapat mengurangi rasa gatal dan menghilangkan ketombe pada kulit kepala, Dapat mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi, Dapat membantu menjaga berat badan dan menurunkan berat badan, Dapat membantu mengatasi masalah pada mulut serta menjaga kesehatannya, dan masih banyak yang  lainnya.

Karena begitu banyak manfaat serta bisa dijadikan sebagai tanaman hias, banyak orang yang berusaha untuk menanamnya. kali ini kita akan membahas tentang cara menanam lidah buaya atau aloe vera menggunakan polybag atau pot. Berikut adalah cara menanan atau budidaya lidah buaya:

  • Pembibitan Lidah Buaya

Bibit lidah buaya diperoleh dengan cara vegetatif yaitu dengan mengambil anakan dari tanaman induk lidah buaya. mengambil bibit tersebut dilakukan dengan cara mencongkelnya tetapi usahakan akarnya tidak putus.

  • Tempat menanam dan media tanam

Tempat menanam Lidah buaya yang akan kita gunakan adalah polybag atau pot, jadi kita harus memilih ukuran dari polybag ataupun pot yang akan digunakan untuk menanam. Polybag yang kan digunakan untuk menanam minimal berdiameter 20 cm dan untuk pot sebainya pilih pot yang terdapat lubang pada bagian bawah agar aliran air baik.
Media tanam yang digunakan untuk menanam lidah buaya adalah tanah yang dicampur dengan pasir dan pupuk kandang.

  • Penanaman Lidah Buaya

Setelah tempat menanam (polybag atau pot) dan media tanam telah disiapkan, selanjutnya masukan media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan pasir dan pupuk kandang kedalam tempat tanam yaitu polybag atau pot, Isi setengah bagian dari pot atau polybag dahulu untuk meletakkan bibit anakan lidah buaya, barulah timbun lagi hingga agak penuh. Lalu letakkan polbag atau pot pada tempat yang teduh tetapi tetap terkena sinar matahari langsung.

  • Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Perawatan yang dilakukan saat menanam lidah buaya antara lain pemupukan dan penyiraman.
Pemupukan lidah buaya bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos, bisa juga menggunakan pupuk NPK. Dosis yang diberikan adalah sekitar 2 gram/polybag atau pot dengan frekuensi pemberian pupuk yaitu 2 minggu sekali.
Penyiraman jangan terlalu sering dilakukan karena dapat menyebabkan busuk daun, dan lagi pula lidah buaya sudah menyimpan banyak air pada tubuhnya.

  • Pemanenan

Pemanenan Lidah buaya dapat dilakukan setelah lidah buya berumur sekitar 6 bulan setelah tanam, pemanenan dilakukan dengan cara memotongnya menggunakan pisau pada daun yang paling luar.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Atau Budidaya Lidah Buaya Yang Praktis“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa